Marah-marah di Facebook, Pantaskah?

Siapa yang tak mengenal facebook? Di zaman yang serba “internet” ini, semua orang pasti mengenal facebook. Demam facebook melanda seluruh lapisan masyarakat, dari anak-anak, remaja bahkan sampai orang tua. Apa-apa di facebook. Narsis-narsisan sama teman-teman ataupun tiap ada foto baru, pasti langsung di Upload ke facebook. Wajar.. itu jelas adalah hak semua orang.

Ketika pertama sekali anda log in di facebook, apa yang anda lakukan? Updatestatus, kan? Biasanya situasi dan kondisi a.k.a mood kita berpengaruh besar ketika ingin menuliskan status.

Beragam status facebook dari mulai status bahagia, sedih, galau, sakit hati, sampai marah-marah tersaji dengan rapi di Home facebook. Saya sendiri sih ngerasa biasa aja waktu ngeliatnya. Tapi rada jengah juga kalau baca status yang isinya marah-marah.

Misalnya Waktu kita lagi sama pacar pasti nge-update status yang bahagia, misalnya bilang gini “ I’m Lucky To Have U, Darling ”. Nah, waktu lagi sedih karena ada masalah sama pacar, update status juga “hiks.. aku sedih nih, dia ‘gak ngertiin aku”. Gimana waktu lagi berantem, update status juga. “Ih,,, palak kali lah aku nengok kau, semoga kau nyesal udah nyakitin aku, dasar pacar tegaan kali”.

Sama teman pun begitu. Kalau lagi senang atau sedih karena teman gak ada bedanya juga dengan pacar. Tapi waktu lagi berantem atau lagi gak suka ngeliat seorang teman, marah-marahnya di update terus.
133321845134874277
http://luviemelati.com
Kemarin saya sempat melihat status pacarnya teman yang ada di Home facebook saya. Waduh… kaget-kaget saya waktu lihatnya. Disitu Risa (bukan nama sebenarnya) menuliskan status yang berisikan amarahnya pada seseorang. “udah, sini kalian, mumpung aku lagi pengen marah-marah nih.”

Lalu saya menanyakan pada sang teman, “Zaki, pacarmu kenapa? Kok marah-marah gitu di status facebooknya?”. Zaki pun berkata ,”udah biasa dia kek gitu, dia pun emosian orangnya, udah sering aku nasehatin, tapi ya dia ulangi lagi”.

Sayapun berkata, “bikin malu zak, status itu ibarat lidah kita yang gak bertulang ini, kalo kita marah-marah gitu udah pasti dilihat orang kan? Tanpa sadar orang udah menilai kita loh”. “iya, da nanti aku nasehatin lagi, aku pun ‘gak suka litanya”, tambahnya.

Memang benar itu adalah facebook milik pribadi. Hak masing-masing pribadi donk mau ngapain aja. Nah,, facebook ini media sosial kan? Di dalam facebook kita pribadi, kita pasti sudah meng-add banyak orang selain teman nyata yang sudah jelas tahu diri kita, pasti ada juga teman maya yang ‘gak tau kita. Bila status kita yang marah-marah, otomatis kita membiarkan teman kita menilai pribadi kita. Bisa saja sang teman berasumsi negative tentang diri kita. Gak enak kan? Masa’ teman yang ‘gak kenal aja udah langsung menilai kepribadian kita?

Jika kita memang sedang ada masalah dengan seseorang, selesaikan langsung dengan orang yang bersangkutan, ada baiknya kita cukup mengirimi dia pesan di Inbox facebooknya, Jadi kita gak perlu bekoar-koar dan menunjukkan “taring” kita ke seantero jagad facebook ini. Atau kalau tetap pengen update status, langsung aja ditag namanya. Bisa juga kirimin dia satu video juga jangan lupa tag namanya. Langsung tertuju ke dianya.

Kalau sekiranya kita tidak punya status bahagia dan lucu-lucu yang dapat kita bagikan kepada teman facebook, status sedih dan galau tentang diri kitapun tak apalah di update daripada kotak statusnya kosong. Asal jangan status yang isinya penuh amarah, apalagi memaki-maki seseorang. Status facebook ini bisa menjadi duplikat diri kita, loh…

Coba masing-masing kita mengingat suatu pepatah, mulutmu harimaumu, kan? Nah.. begitu juga di facebook. Ada baiknya, Komunikasi yang kita lakukan di facebook dapat lebih terarah supaya orang lain tidak sembarangan menilai diri kita. Kalau kita update status yang berisi marah-marah, dengan sendirinya kita membiarkan citra diri kita dipandang jelek oleh orang banyak.Kembali lagi ke tujuan awal facebook dimana kita berinteraksi dengan tentunya diberi batasan bahasa tulisan yang layak dibaca oleh semua orang.

You Might Also Like

0 komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Just an ordinary girl who wanna be a woman someday

Translate