Langsung ke konten utama

Opini Publik dan Permasalahan Gank Motor

Sebagai seorang mahasiswi jurusan ilmu komunikasi, saya akan mencoba memaparkan sedikit tentang mata kuliah Opini Publik yang saya ikuti. Dari berbagai pengertian yang telah dipaparkan oleh berbagi ahli dan juga komunikasi yang aktif antara saya bersama dosen opini publik, maka Saya dapat menyimpulkan bahwa Opini Publik adalah tanggapan dari masyarakat tentang suatu permasalahan.
Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa antara sesama khalayak yang hidup di bumi memiliki berbagai perbedaan. Di dalam perbedaan tersebut tak jarang pula ditemukan suatu permasalah, sehingga Publik dan Opini itu sendiri timbul disebabkan adanya masalah yang dirasakan menarik dan dapat menimbulkan pro dan kontra (Masalah kontroversial) yang sering dijadikan alasan untuk beropini, Baik secara sehat maupun tidak.

1318493990183233031
Opini Publik - image from google.co.id
Dapat kita lihat dari beberapa contoh isu yang belakang ini marak diperbincangkan. misalnya Gank Motor. Di berbagi daerah, keberadaan gank motor ini sudah ada sejak lama dan dirasakan interaksi nya dengan masyarakat memberikan dampak positif. Belakangan ini,di kota tempat saya berdomisili gank motor ini dirasakan cukup meresahkan. Terlihat jelas berbagai pengrusakan tempat – tempat umun yang mereka lakukan, bahkan ada juga yang telah menimbulkan korban. “Si korban dikejar – kejar oleh anggota gank motor tersebut ketika tengah berkendara dijalan raya. Si korban ini dipepet hingga menabrak becak yang tepat berada didepannya, kemudian ia terjatuh dekat selokan dengan memar dan luka ditubuhnya, segera dilarikan ke RS terdekat. Si korban tampak depresi, bahkan tak mau keluar rumah lagi walaupun untuk ke sekolah.”. Contoh tersebut merupakan salah satu tindakan negatif dari adanya genk motor.
Dengan adanya permasalahan gank motor belakangan ini, para orang tua melarang anaknya untuk berlama – lama diluar rumah (juga berlaku untuk saya). Pihak kepolisian pun semakin marak melakukan razia, baik di jalan – jalan maupun sekolah. Berita tentang masih ada atau tidak nya gank motor ini (setelah razia yang dilakukan pihak kepolisian) masih simpang siur. Masyarakat merasakan akan lebih baik bila massalah gank motor tersebut diselesaikan sampai ke akar – akarnya.
Di kota saya, terdapat Media massa (baik media cetak maupun elektronik) yang jujur dan dapat dipercaya sebagai penyimpul dari masalah kontroversial (dalam hal ini gank motor) yang ada agar khalayak dapat beropini dan menyikapi dengan bijaksana.
Untuk lebih mudahnya, maka dapat disimpulkan bahwa :
ISU -> MASALAH -> MEDIA MASSA -> PUBLIK (yang mengekspresikannya lewat sikap) ­-> OPINI PUBLIK

Salam
Auda Zaschkya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Review Produk] Wardah Hydrating Aloe Vera Gel: Panas dan Perih di Wajah?

[Review] Make Over Intense Matte Lip Cream, se-Matte Apa sih?

Make Over Intense Matte Lip Cream ini, tentu saja bukan produk baru dari sister brand-nya Wardah dan Emina yang notabenenya produk lokal asli Indonesia. Saya juga baru tahu. Tapi ya inilah saya. Karena baru tahu, langsung pengen tahu dan senang sekali dengan produk lokal. Apalagi setelah nengok banyak review dari beauty influencer yang bilang betapa bagusnya produk ini. And finally, saya putuskan untuk meminta lip cream ini kepada salah satu teman laki-laki (Thanks bro!). Dia kasih yang nomor 08 Liberty. Karena masih penasaran sama warna lainnya which is warna kesukaan saya adalah warna ungu, saya beli sendiri juga yang nomor 20 Style. And now, it’s time to review ^_^
Kemasan
Dilihat dari luar, lip cream ini dikemas di dalam kotak berwarna hitam yang cukup mewah buat penyuka warna hitam seperti saya. Tentu saja, seperti lip cream kebanyakan, pada kotaknya bertuliskan nama produk. komposisi, tanggal kadaluarsa, dll. Tepat di salah satu sisi produknya, tak tertutup kotak lias terbuka. Men…

[Review] Mizzu Perfect Wear Eyeliner Pen, Wearable untuk Pemula

Minggu lalu, saya mendapatkan hadiah yang sangat menarik dari Try and Review (Thank you so much #TryandReviewID) yaitu sebuah Mizzu Perfect Wear Eyeliner Pen. Saya memang sudah penasaran sekali dengan eyeliner berbentuk pulpen/spidol ini, apalagi merk Mizzu yang banyak disukai para beauty vlogger. Setelah setiap hari dipakai, dan ya... sekarang waktunya untuk di-review.
Packaging:
Kotaknya ini, Mizzu sekali, di mana didominasi warna putih yang ada garis-garis hitam seperti zebra. Di bagian atas kotak berwarna hitam yang bertuliskan MIZZU yang diikuti nama produk (dalam hal ini Mizzu Perfect Wear Eyeliner Pen) dengan warna putih. Sedikit warna merah jambu (pink) di bagian bawah kotak sebagai petunjuk ukuran eyeliner pen ini yang seberat 2 mg, menjadikan kotaknya terlihat lebih manis meskipun minimalis. 
Di sampingnya (di bagian putih), terdapat kode produksi, tanggal kadaluarsa, perusahaan yang memproduksinya, dan isi kandungan si eyeliner pen ini. Menurut saya, ini sudah sangat baik kare…