[Review] Fair & Lovely BB Cream, Foundation atau Hanya Krim Pencerah Cokelat Muda?

Sebagai pengguna setia produk perawatan wajah dan tubuh dari PT. Unilever Indonesia (Fair & Lovely, Citra, Vaseline, Pond’s, Lifebuoy, Dove, Pepsodent, dll), saya akan senang sekali jika ada produk make-up juga karena harga produk Unilever, biasanya terjangkau, bahkan untuk anak sekolah.


Cari punya cari, akhirnya saya menemukan review produk Fair & Lovely BB Cream dari salah seorang Youtuber asal India, yang mungkin berdomisili di luar India, dengan kulit khas perempuan India, yang barangkali tak jauh berbeda dengan kulit khas perempuan Indonesia, seperti saya. Saya terkejut juga, dengan reaksinya, di mana BB Cream Fair & Lovely ini, terlalu terang untuk kulitnya, tentu perempuan India pada umumnya, bukan aktris Bollywood.

Sejak setelah menonton tayangan tersebut, saya jadi semakin penasaran, apa yang membuatnya bereaksi negatif? Apalagi krim pencerahnya, sudah saya pakai sebagai moisturizer sehari-hari, seperti yang sudah saya tuliskan di sini.

Ya karena saya penasaran, saya cari-cari terus selama beberapa bulan ini, sampai akhirnya beberapa hari yang lalu, akhirnya saya temukan.

Berikut yang dapat saya tuliskan untuk produk ini.

Kemasan

Dilihat dari kemasan kotaknya, tentu Fair & Lovely BB Cream ini didominasi warna cokelat foundation, putih, pink serta hitam, dengan tulisan (font) khas nama produk Fair & Lovely di atas dan depan produk. Namun karena ini disebutkan BB Cream, ditulislah BB Cream, yang dilengkapi tulisan cerah seketika seperti memakai make up, dengan SPF 15. Tak lupa, dua wajah perempuan dan tulisan Foundation + Krim Pencerah.

Pada tampak samping kiri, terdapat beragam ingredients produk ini, yang diproduksi oleh PT Unilever Indonesia Tbk – Indonesia. Dikemas – PT Mitra Eramandiri – Indonesia. Semetara, untuk distribusi, PT Unilever Indonesia Tbk, Jl. BSD Boulevard Barat Green Office Park Kav. 3 BSD City, Tangerang 15345, Indonesia. Selain itu, ada nomor untuk suara konsumen, logo buang sampah, logo PAP, logo Unilever, juga label halal MUI serta nomor produksi.

Beralih ke tampak belakang, tertulis kegunaan produk dan gambar demo pemakaian, di mana ada seorang perempuan, sebelah wajahnya menggunakan produk ini, dan sebelahnya tidak. Digambarkan, yang setelah pemakaian, lebih cerah, dengan narasi & Lovely BB Cream membuat kamu terlihat cantik seketika dengan hasil seperti memakai make-up.


Pada samping kanan, tertulis lagi nama produk dengan tulisan berwarna merah jamu, di mana menyebutkan Fair & Lovely BB Cream merupakan produk ahli yang menggabungkan foundation dengan krim pencerah multivitamin, dengan kegunaanny yang akan saya sebutkan di bawah. Selanjutnya hanya ada gambar krimnya. Sedikit ke bawah, terdapat cara penggunaan. Sementara itu, untuk tanggal kadaluarsa, terdapat di bagian bawah kotak produk seberat 30 gram ini.

Tekstur, Warna dan Aroma

Fair & Lovely BB Cream ini, bertekstur krim seperti BB Cream pada umumnya. Tapi kalau saya perhatikan, tekstur krimnya ini, lebih ke powder cream seperti krim pencerahnya yang sudah saya tuliskan sebelumnya. Seperti yang sudah saya tuliskan, warnanya hanya dapat diperhatikan pada gambarnya, menurut penglihatan saya, cokelat terang, atau mungkin fair, ivory atau apa, saya juga tak tahu, karena tak ada tulisannya. Sejauh yang saya temukan, shadenya hanya ini. Mengenai aroma, tak ada bedanya dengan produk krim pencerahnya.

Kegunaan Produk 

Membuat wajah tampak cerah seketika.
Menyamarkan noda hitam.
Kulit wajah cerah merata.
Perlindungan terhadap sinar UV.
Matte, tampak  bebas minyak.

Cara Penggunaan

Seperti imbauan pada kemasannya, gunakan BB Cream seujung jari di area kulit wajah dan leher yang sudah dibersihkan. Ratakan dengan lembut dengan menggunakan jari.

Yang Saya Lakukan

Pertama sekali saya menggunakan produk ini, sesuai arahannya yaitu ke wajah yang sudah dibersihkan. Baik, langsung saya pakai, dengan menggunakan jari. Oles punya oles, tampak tidak merata, juga pecah. Lalu, di satu bagian tebal, di bagian lain, tipis. Tak lupa, susah merata, karena barangkali, powder cream (krim pencerahnya), sudah bereaksi.

Kalau pada kegunaan disebutkan wajah tampak cerah seketika dan matte, saya setuju. Tapi saya masih bingung dengan hasilnya. Kenapa tidak merata? Barangkali, mesti saya gunakan beauty blender. Hasilnya, sama saja. Percobaan pertama, menurut saya, gagal.

Selanjutnya, sebelum saya memakai produk ini, saya gunakan skin care saya seperti biasa. Tak lupa, saya campur Fair & Lovely BB Cream ini, dengan melebihkan moisturizer. Pikir saya agar tak cepat kering, supaya lebih mudah di-blend Fair & Lovely BB Creamnya.

Masih tak menyerah dan penasaran, saya gunakan jari lagi kali ini. Blend, blend, blend, sedikit menolong, meski tak rata. Lalu saya gunakan puff yang sudah dicuci bersih dari salah satu Cushion. Nah, pakai puff cushion ini, lebih enak diratakan, tapi tidak seperti laiknya foundation. Cracknya lebih cepat, walau memang hasilnya matte. Beruntung saya memiliki satu foundation Dewy Finish, yang akhirnya saya timpa di atas Fair & Lovely BB Cream ini, yang akhirnya dapat meratakan seluruh wajah. Hasil akhirnya, tidak dewy seperti bawaan foundationnya, tapi tetap matte seperti narasi awal produk Fair & Lovely BB Cream ini.

Bagaimana Hasilnya?

Setelah dipakai beberapa jam, minyak yang keluar tetap ada, tapi tak terlalu banyak, diserap dengan kertas minyak, juga akan bagus kembali make-up kita. Yang menurut saya juga baik, tak memberikan saya jerawat baru dan iritasi kulit lainnya. Efek mattenya benar-benar terasa.

Harga? Jualnya di mana?

Produk ini saya beli di Lazada dengan harga diskon. Tapi kalau harga aslinya Rp 41.500. Mungkin, di mini market juga sudah ada, tapi saya belum cek.

Kesimpulan

Menjawab pertanyaan saya sendiri di atas, Fair & Lovely BB Cream yang katanya memiliki kandungan foundation + krim pencerah, kesimpulannya:

Untuk kandungan foundationnya sendiri,  yang saya rasakan, masih kurang. Mau dibilang BB Cream, belum pas menurut saya, karena BB Cream biasanya, tak langsung matte. Produk ini, seperti krim pencerahnya sebelumnya, namun dengan krim berwarna cokelat terang.

Memang setelah di-apply,l wajah tampak cerah dan terasa sejuk, tapi kalau dibilang BB Cream, belum cocok. Menurut saya, cocoknya, ini merupakan krim pencerah, yang biasanya dipakai sebelum foundation. Bisa juga melembabkan kulit, sebelum memakai foundation, dengan pemakaian secepatnya setelah dioles ke satu bagian wajah, sebaiknya jangan dibiarkan lama, takutnya langsung ter-set, sebelum diratakan.

Kalau disebutkan dapat menyamarkan noda hitam, saya setuju, karena sekali oles dan diratakan, noda hitam saya agak tertutupi. Dengan kandungan SPF 15, barangkali sudah cukup baik. Tapi buat yang lebih banyak berada di luar ruangan, sebaiknya tambah krim SPF terpisah juga.

Jadi, produk ini akan tetap saya gunakan, tapi tak sendiri sebagai foundation/BB Cream, melainkan sebagai moisturizer, sebelum memakai foundation dan bedak.

Saran saya, lebih baik, kedepannya, produknya hanya disebutkan BB Cream atau sekalian foundation, tak usah dicampur krim pencerah. 

Salam,
Auda Zaschkya

You Might Also Like

39 komentar

  1. Fair lovely produk unilever berkelas harganya menengah lah

    BalasHapus
  2. Udah lama banget ga pakai fair and lovely, sekarang ada BB creamnya ya. BB cream Ku belum habis, kalau udah abis mau coba deh

    BalasHapus
  3. Produk unilever ga kalah dengan produk lainnya apalagi Fair Lovely cocok untuk kulit orang indonesia

    BalasHapus
  4. baru tahu kalau ada BB cream nya jg. saya pakai yg krim putih biasa sih. lumayan efeknya di wajah saya,.lebih bening dikit

    BalasHapus
  5. Aku gak terlalu suka pake BB cream, krna biasanya jadi komedo huhuhu.. kira2 testimoni produk ini menyebabkan komedo ga sihh ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakek BB cream Pixy dia GK nimbulin komedo

      Hapus
  6. Aku udah baca tapi lupa komen. Sungguh kakak udah mencoba berkali kali ya. Sepertinya emang produk ini agak lebay gak sih soal klaim nya

    BalasHapus
  7. baru tau nih fair lovely ada bb creamnya, meski belum pernah nyoba cream pencerahnya, untuk secara packagingnya yg sederhana. Tapi banyak temenku yg bilang cream pencerahnya ini work it

    BalasHapus
  8. BB Cream ini cocok untuk dipake daily yaa dan harganya pun under 50k duh wajib coba hihi

    BalasHapus
  9. Sering juga lihat sliweran di timeline, Akhirnya baca reviewnya langsung dan ternyata lebih ke tone up tp wrna cokelat gitu ya.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah pake bb cream fair & lovely emang udah gk crack lagi?

      Hapus
  11. Sumpah aku baru tahu produk satu ini. Kayaknya ini bisa buat pencinta makeup natural kayak aku. Harganya lumayan terjangkau.

    BalasHapus
  12. Aq krg suka pake krim pencerahnya, tp kepo ama bb creamnya nich jd nya

    BalasHapus
  13. Baru tau ada bb creamnya kak hehe tp lebih ke kyk krim pencerah gitu dengan warna coklat muda ya

    BalasHapus
  14. Aku udah cobain dong dan memang sebagus itu, cocok dipakai sehari2

    BalasHapus
  15. Idola aku banget ini tapi aku pakai yang tanpa bb . Aku yang msih setia sama yang kemasan dulu.

    BalasHapus
  16. Cuma tersedia dalam satu warna aja kah? Bukan banyak shade?

    BalasHapus
  17. Wah ada coveragenya juga ya kak? Oke untuk daily nih..

    BalasHapus
  18. Aku baru tahu nih, fair n lovely ada bb cream nya. Banyak variasi sekarang yah.. Atau aku yg kudet. Wkwkwkwk

    BalasHapus
  19. Fair n lovely ada bb creamnya juga yah ternyata ya kak. Wajib coba nih.

    BalasHapus
  20. Fair n lovely ada CC cream-nya gak sih? Karena kulitku biasanya cocoknya justru ke CC cream

    BalasHapus
  21. Nah, ini yg aku perlukan menyamarkan noda hitam, hiks aku ada flek2 hitam soalnya nih

    BalasHapus
  22. Banyak manfaat setelah menggunakan Fair Lovely BB Cream untuk membuat wajah tampak cerah seketika, untuk menyamarkan noda hitam, untuk kulit wajah cerah merata, Untuk perlindungan terhadap sinar UV dan bebas minyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau buat menghilangkan jerawat flek brcak' di muka bsa kh jga mba

      Hapus
  23. Wah produk ini bisa menyamarkan noda hitam ya? Saya ada nih di muka, kadang kalau pakai bedak saja masih terlihat, moga pakai Fair Lovely BB cream bisa menutupinya..

    BalasHapus
  24. Wah aku baru tahu ternyata fair and lovely itu ada BB krimnya nya nya nya untuk kulit berminyak cocok nggak gmn ?

    BalasHapus
  25. Loh ada ya di bb cream nya aku baru tau kak,

    BalasHapus
  26. Sepertinya kalau aku pake ini, gak perlu pakai bedak lagi ya kan, abis pakai pelembab pakai ini udah cus ke pajak 😁

    BalasHapus
  27. Unilever emang terkenal sejak dulu, sekarang memproduksi kosmetik. Jd pengen cb kosmetiknya

    BalasHapus
  28. Ini beneran bagus ga bb cream nya soalnya mau nyoba😂

    BalasHapus
  29. Muka q jadi hitam make tuh bb cream

    BalasHapus
  30. Waw, aku remaja cmn pake krim pelembabnya aja, skrg pgn nyobain bb cream nya jugaa

    Tp masih sdkt bingung bedanya 2 in powder sm bb cream dr fair n lovely itu apa

    BalasHapus

Mengenai Saya

Foto saya
Just an ordinary girl who wanna be a woman someday

Translate