Sharing Online tentang Langkah Awal Memulai Blog


Blog sebenarnya bukan hal baru bagi saya, karena sejak tahun 2011, saya sudah memulainya lewat blog keroyokan www.kompasiana.com. Awalnya saya nge-blog, tentu saja untuk berlatih menulis karena saat itu, sejalan dengan cita-cita saya. Terus menulis di blog sampai akhirnya meyelesaikan sekolah lanjutan saya tersebut lalu sempat bekerja, tapi nge-blog tetap saya lakukan walau tak lagi menjadi prioritas. Namun setelah setahun pascakecelakaan, membangkitkan semangat, saya mulai memberanikan diri nge-blog lagi di www.audazaschkya.blogspot.com. Lalu seorang teman menyarankan untuk serius di blog sepertinya. Akhirnya, Juli 2017, si teman tadi membantu saya untuk men-TLD-kan blog saya ini menjadi www.auda zaschkya.com. Nah, meski usia blog TLD saya hampir dua tahun, tapi saya masih bisa disebut kurang dalam hal ngeblog, khususnya kurang mengerti akan fitur-fiturnya. Jangankan wordpress, blogspot saja yang saya gunakan, masih membingungkan buat saya.

Minggu lalu, saya mengikuti sharing session online bersama salah seorang beauty blogger yang tulisannya renyah dan tampilan blognya menarik, yaitu Icha Amalia. Lewat sharing online yang dikhusukan untuk pengguna blogspot.com tersebut, lebih kurang, seperti inilah yang disampaikan Icha:

How to Start a Blog?


Pada point mendasar ini, Icha menyampaikan beberapa langkah awal untuk kita memulai blog. Langkah-langkah tersebut - selain punya akun email tentunya-, kita harus mendaftar dan memilih platform blog, menetukan alamat blog, lalu memilih niche-nya.

Setelah blognya sudah ada di depan mata, selanjutnya, kita juga harus memperhatikan setting dan costumize blog. Ini juga yang (mungkin) masih banyak yang belum paham, termasuk saya. Ya, walaupun masih mendasar, jujur saja, saya masih bingung. Beruntungnya, Icha membahas topik ini (akan saya lanjutkan setelah ini).

Kemudian, tentu saja kita harus mulai menulis dan mempublikasikan tulisannnya. Ya iyalah. Kalau gak dipublikasikan, bagaimana mau dipromosikan, toh? 

Nah, baru setelah itu, promokosi dan optimasi konten blog. Ini kalau yang saya tangkap, kita harus gencar mempromosikan tulisan kita ke sosial media, mengingat segala sesuatunya (termasuk gosip), kita ketahui lewat sosial media, kan? ^_^ Ya biar update seperti akun gosip yang gak ada matinya, kita juga dituntut untuk mengoptimasi konten blog kita tadi supaya lebih menarik.

Dari beberapa point di atas, satu yang di-sharing oleh Icha yaitu tentang setting dan costumize layout blog. Kenapa ini (bisa dikatakan) mendesak? Karena kata Icha, ini adalah hal yang paling mendasar dari sebuah blog. Layout ini sambungnya, juga dapat menjadi salah satu ciri khas blogger, tentu selain isi konten dan cara menulisnya. Biasanya sih, ini tergantung pembaca juga. Karena kalau tampilan blognya menarik, pembaca tentu betah.

Bagian-bagian blog yang utama  terdiri dari Header, Body, Sidebar, dan Footer.  Oia, pilihan template di blogspot itu, mungkin akan sama. Namun kalau tata letak, font,headernya juga beda, nanti pasti akan kelihatan beda juga.

gambar punya icha


Ada beberapa elemen yang sebaiknya terdapat di blog kita tersebut. elemen-elemen tersebut yaitu About page, contact page, menu/navigasi, search box.

gambar punya Icha

Fungsi About Page (halaman tentang penulis) adalah supaya pembaca mengetahui siapa orang di balik konten yang sedang dibaca. Di sini, selain nama, kita bisa menuliskan mukaddimah (short intro) tentang kita dan blog kita tersebut. Ya, sebagai ajang promosi gitu. Selanjutnya, contact page berfungsi sebagai penghubung antara si pembaca ke penulis. Mana tau si pembaca ingin berkonsultasi dengan si penulis, nah lewat sini. Biasanya sih segala akun media sosial kita, kita cantumkan di sini, kan?

Ada menu/navigasi yang perlu dibuat supaya mempermudah pembaca untuk menjelajahi blog kita. Ya, sehancur-hancurnya blog kita, minimal penting ada kategori ini. Tak boleh ketinggalan juga, search box. Kata Icha, ini sebaiknya tetap ada meski fungsinya sama dengan navigasi tadi. Kenapa? Karena kadang, ada tulisan yang tak masuk kategori yang ada di navigasi. Tuliskan satu kata di search blox ini, bisa menelusuri cerita blog yang kita inginkan.

Pertanyaan selanjutnya, apa saja yang penting di tampilan (lay out) blog?
1.    Template
2.    Kombinasi warna
3.    Pilihan background
4.    Font
5.    Header


Yang pertama akan kita bahas yaitu Template. Template ini mendesak untuk dibenahi. Mengapa? Begini ceritanya.

Template (lay out) ini penting dibenahi karena menjadi first impression pengunjung ke blog kita. Kalau tampilannya berantakan, bisa jadi pengunjung malas baca isi blog kita. Kalau sudah begini, sebaiknya kita memilih template yang mudah memancing pembaca. Bagaimana lagi ini? Tentu saja template yang ringan dan biasa aja (user friendly). Gak usah kebanyakan cingcong (bahasa Medan) biar gak bikin bingung. Terus ya, mesti yang responsive dan compatible dengan banyak browser. Intinya sih kalau saya bilang untuk bagian ini, jangan menyulitkan orang lain. Jadi yang ringan-ringan saja, supaya loadingnya cepat. Kalau berat, bikin loadingnya lambat, pembacanya kabur, terus apa yang mau kita sampaikan, tak tersampaikan kepada pembaca. Sedih, kan?  Bertepuk sebelah tangan itu pedih, Jenderal! So, jangan bikin kecewa pasanganmu, ya! #lho ^-^ Oia, kita bisa coba page speed test di link ini: https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/

Kenapa blog kita itu harus responsive? Supaya bisa dibuka oleh pengunjung pakai gadgetnya yang mana saja. Ini penting biar gak ditinggal pembaca. Untuk Coba mobile friendly, bisa di-test di sini: https://search.google.com/test/mobile-friendly

Masih terkait tamplate. Sebaiknya pilih template yang tak terlalu rami dengan background berwarna putih. Namun juga hindari background warna yang terlalu terang dan gelap. Terus, jangan pakai background bergambar. Selain bikin berat dan loadingnya lama, ingat guys, pengguna blog ini bukan bocah. Ingat, jangan suka nyusahin orang. Terus yang mesti kita perhatikan juga, kita pakai saja font Serif/Sans Serif. Kenapa? Supaya pembaca mudah baca tulisan kita. Kan, bila kita memudahkan orang lain, Tuhan akan memudahkan kita juga. #eaaa.. Pun karena kita pengguna blog bukan bocah alay. Gak usah aneh-aneh, deh! Jadi fontnya pun biasa aja. Gak usah pakai font Script/cursive. Btw, nanti kata Icha, akan ada pembahasan lanjutan tentang ini.

Kemudian, tambahkan header berupa tulisan/gambar. Jika memakai gambar, sebaiknya ukuran tinggi maksimal 200 px. Usahakan gambar/foto yang ukurannya kecil dan menggambarkan tentang blogmu. Bagaimana lagi itu? Tenang, guys. Saya juga gak ngerti. Hahaha.. Kata Icha,cara bikin dan setting header akan dibahas nanti.

REKOMENDASI TEMPLATE

Kamu bisa cari template blog gratis di beberapa website berikut:

Googl-ing aja link yang di atas itu. Nah, kalau langkah-langkahnya, saya juga kurang paham, haha.. Tapi kata Icha, begini gaes:

*1* Download template yang kita mau. 

*2* Template yang kita download biasanya masih dalam bentuk RAR jadi harus di-unzip dulu untuk dapat file aslinya. Pakai program WinRAR. Masya Allah, saya sendiri gak ngerti ini ^-^

*3* Kalo di pc/laptop kita belum ada silakan download dulu. Di mana downloadnya? Kata Icha, “Carilah aja sendiri di google.”

*4* Buka filenya > Klik Extract File > muncul pop out > Pilih lokasi file > Klik OK

*5* Buka folder hasil unzip file tadi > Cari file yang berupa XML. Inilah file template yang sebenarnya, yang nantinya akan kita upload ke blog.

Cara mengganti/upload template. Gambar punya Icha
Cara upload template blogger:

1. Ke Dashboard > Pilih Tema
2. Klik Backup/Pulihkan yang ada di bagian pojok kanan atas
3. Klik Download Tema. Untuk menyimpan copy/backup dari tema kita yang sebelumnya.
4. Klik Pilih File > pilih file template yang akan digunakan > Upload
5. Kembali ke halaman utama Tema > pilih bagian seluler > Klik Roda/Gear warna abu
6. Muncul pop out pengaturan > Pilih Tidak
7. Simpan

Kata Icha, setelah mengganti template biasanya tata letak blog akan jadi berantakan. 

8. Kita bisa sesuaikan lagi dengan masuk ke tab Tata Letak. 
9. Atur sesuka kita lalu Klik Simpan Setelan (tombol oranye di bagian kanan atas).

Selanjutnya, pembahasannya tentang REKOMENDASI FONT.
Yang harus kita lakukan yaitu:

*1.* Cukup gunakan 2 jenis font. 1 font untuk bagian judul dan 1 font untuk bagian body. Btw, body itu bagian isi konten, Shay.

*2.* Kombinasikan antara font Serif dan Sans Serif.
Serif itu font yang punya ekor/garis kecil di ujungnya. Contoh: Times New Roman, Georgia, Bell MT. Kalo Sans Serif, sebaliknya. Dia ini tipe font yang nggak punya ekor/garis kecil. Contohnya: Calibri, Verdana, Arial.

Nah, kalau ini saya ngerti nih, untuk media cetak lebih baik untuk pakai font serif sedangkan media online lebih baik pakai font sans serif. Oia, di atas tadi kan sempat dibilang untuk menghindari pakai font Script & Cursive.  Yang mana itu? Font Script & Cursive ini tipe font yang hurufnya mirip tulisan tangan. Contohnya: Curlz MT, Freestyle Script, Gigi. Sungguh, men! Ini gak cocok untuk media online. Bikin bingung. Sumpah deh, jangan kayak bocah alay.

*3.* Kombinasikan ukuran font. Buat ukuran yang berbeda untuk bagian judul dan isi konten. 

Untuk font konten bisa pilih ukuran 12-14 px dan font judul sekitar 20 px. 

Ukuran ini nggak baku, kita bisa variasikan sesuai dengan template.

*4.* Sesuaikan warna font dengan warna background. Kombinasikan warna font gelap dengan background terang. Untuk background berwarna putih, selain warna fort hitam (#000000) juga bisa pilih warna abu-abu tua (#7f7f7f) atau biru tua (#4f4f79).  Pilihan font bawaan dari blogspot banyak banget. Kamu bisa pilih di Desainer Tema Blogger. Di desainer Tema Blog, kan kita tak cuma bisa ganti/pilih font saja tapi juga bisa resize ukuran sidebar, pilih warna background, warna elemen lain dll tanpa harus otak-atik html. 

Bingung? Sama. Aku juga. Tapi kata Icha, gini caranya: 

1. masuk ke Dashboard > pilih Tema > 
2. klik tombol oranye “sesuaikan” > otomatis redirect ke Desainer Tema Blogger.

Desain tema blog. Gambar Icha
Menu di desainer tema blo. Gambar Icha

CARA SETTING HEADER

Kalo mau bikin header katanya, bisa buat di canva. Apa itu? Mari googling.

Cara setting header:

1. Masuk ke Dashboard > Pilih Tata Letak
2. Klik Gadget Header Halaman
3. Muncul pop out window Mengkonfigurasi Header > Pilih file gambar header yang mau dipakai
4. Pilih opsi “selain judul dan keterangan” 
5. Klik Simpan > pop out window akan tertutup > Klik Simpan Setelan

Setting Header Blog. Gambar Icha

Itulah tadi langkah-langkah yang bisa digunakan untuk memaksimalkan blog kita biar kelihatan berkelas. Ngerti, gak? Sumpah saya aja belum ngerti sepenuhnya. Ya sudah... mari kita baca pelan-pelan lagi dan coba dipraktekkan.

Salam,
Auda Zaschkya


You Might Also Like

42 komentar

  1. Bermanfaat banget ya ilmunya.. akupun akhirnya jadi lebih tau cara-cara niy.. walaupun harus utak atik dulu. Hehehe. Awalnya gak ngerti juga, tapi lama-lama bisa juga kok..

    BalasHapus
  2. wah.. bisa sekalian belajar ngeblog otodidak nih.. aku paling demen dulu gonta ganti template. tapi sekarang enggak lagi, takut DA pA turun wkwkk

    BalasHapus
  3. Aku telat kemaren ikutan sharing tentang blog sama Icha karena jujur aku suka sekali dengan tampilan dan gaya bertuturnya.

    BalasHapus
  4. Wah iya.. Blognya ica mmg kece. Pr ku utk blog mmg masih byk bats sih.. Harus ngoprek" tu atu lg deh

    BalasHapus
  5. Memulai blog itu memang penuh perjuangan kan. Tapi memang harus terus komitmen ya kan,kak.

    BalasHapus
  6. aku dulu masih malu malu buat ngeblog, tp ternyata malah banyak ilmu baru. Harus komitmen, banyak belajar hal baru dll

    BalasHapus
  7. Belajar ngblog ini ga bisa bentar. Sebulan juga ga cukup ya banyak kali printilannya wkwk

    BalasHapus
  8. Org ngeliat bikin blog mudah, coba kalau dilakuin, semalam suntuk gk tidur haha

    BalasHapus
  9. Aku dulu pengguna blogspot yg kemudian migrasi ke wordpress karena interfacenya lebih nyaman. Awalnya pasti kesulitan sih krn perbedaan fitur platform, tp skrg udah ok aja. Yg penting, apapun platformnya tetap rajin berkarya! 😉

    BalasHapus
  10. Saya start nge blogging 2018 lalu dan Alhamdulillah cepet naiknya karena di topang dengan komunitas. Sayangnya karena beberapa trouble,blog lama saya harus saya tutup dan buat baru dengan gaya baru��

    BalasHapus
  11. aku juga nih starting ngeblog dari awal tahun lalu, tapi kadang masih suka binngung

    BalasHapus
  12. aku juga ikut sharing session ini nih, bermanfaat banget ya bebbb buat pemula hehe

    BalasHapus
  13. Aku ngeblog 2 taun lalu alhamdulilah banyak manfaatnya

    BalasHapus
  14. Bermanfaat banget sharingnya kebetulan aku baru mulai ngeblog bermanfaat banget buat pemula kaya aku


    BalasHapus
  15. Noted kak, pas banget nih buat aku yg masih newbie. Suka banget Sama pembahasannya, bermanfaat banget

    BalasHapus
  16. Lengkap banget buat newbie, kalau dulu aku coba2 sendiri ngeklik semua diliat2 hihi

    BalasHapus
  17. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

    Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

    Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

    BalasHapus
  18. Step by step terperinci dengan baik, aku mah biasanya ngikutin tema yang aku suka terus tinggal tambahkan banner

    BalasHapus
  19. Aku juga ikut sharing session ini, dan banyak pengetahuan tentang dunia per-blog-an yg baru aku tau setelah sharing session ini. Bermanfaat bgt y. ☺

    BalasHapus
  20. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus
  21. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    BalasHapus
  22. Assalamualaikum,
    Nama saya Melih dari Jl.puri dewata indah geng pncol n.30rt.004 rw.02 poris plawad utara cipondoh kota tangerang, saya seorang pemilik bisnis. Saya ingin memberi tahu Anda semua platform ini. mereka yang membutuhkan dan mencari pinjaman yang tulus untuk berhati-hati karena internet dan blog dipenuhi dengan perusahaan pinjaman palsu dan scammer yang hanya ada di sini untuk merampas Anda dari uang hasil jerih payah Anda.

    Saya dan istri saya membutuhkan pinjaman Rp2.500.000.000 dan kami menghubungi perusahaan pinjaman dari Turki. Mereka meminta kami membayar biaya pendaftaran, setelah itu biaya lagi dan kami ditipu oleh pemilik perusahaan dengan meminta kami untuk membayar banyak biaya yang kami bayarkan dan pada akhirnya kami tidak mendapatkan pinjaman, kami kehilangan sekitar Rp32, 000.000 untuk perusahaan pinjaman palsu di Turki. Istri saya dan saya sangat Frustrasi, bisnis saya turun dan kami bahkan berhutang karena saya juga meminjam dari teman-teman dan tidak dapat membayar kembali. Saya mengalami kesulitan keuangan

    ALLAH sangat baik, kami berpuasa dan berdoa dan bahwa ALLAH mengarahkan kami ke seorang penolong, suatu malam, saya menjelajah internet ketika saya bisa menemukan kesaksian seorang wanita Indonesia dengan nama Reni Nuraeni dari Surabaya, bagaimana ALLAH mengubah keuangannya hidup melalui perusahaan pinjaman dia meminta saya untuk menghubungi ibu Sarah dan dia memperkenalkan saya kepadanya dan dia memberi saya keberanian dan saya mengajukan pinjaman dari Mrs Sarah Michael dan ibu Sarah akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaan dan saya mendapatkan yang tepat jumlah yang saya ajukan. Saya terkejut, terkejut dan gembira. Sekarang, saya telah membayar kembali uang teman saya dan bisnis saya naik lagi.

    Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberi tahu rekan-rekan saya bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman otentik dan ingin cepat dengan suku bunga rendah 2%, cukup mendaftar melalui Mrs Sarah Michael melalui email: (sarahmichael831@gmail.com) atau melalui WhatsApp / Viber Number: + 1-315-284-1764.
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini, (indahqua23@gmail.com). untuk informasi lebih lanjut. ALLAH memberkati kalian semua!

    BalasHapus
  23. Halo semua
    Nama saya AISHA MEY (aishamey14@gmail.com) dari jakarta selatan indonesia saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ALLAH yang telah mengakhiri penderitaan saya melalui Anthony Yuliana Lenders karena memberi saya jumlah pinjaman Rp 250 juta, bagi mereka yang mencari pinjaman harus sangat berhati-hati karena ada banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu di mana-mana hanya beberapa yang nyata dan Anthony Yuliana Lenders adalah salah satu pemberi pinjaman pinjaman online terbaik, saya melakukan pembayaran untuk asuransi pinjaman saya dan biaya transfer sebelum jumlah pinjaman saya Rp 250 juta ditransfer ke akun saya, untuk mereka yang mencari pinjaman online asli dan sah harus menghubungi mereka
    (anthony.yulianalenders@gmail.com)
    whatsapp (+13234026088)

    BalasHapus
  24. AGGL ... SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL
    (Rumah kredit berkualitas dan bersertifikat)


    KABAR BAIK,
    SEMUA PINJAMAN GLOBAL, inilah satu-satunya perusahaan pinjaman Asli yang diakreditasi oleh BANK DUNIA, Kami akan mengubah hidup Anda menjadi lebih baik, perusahaan pinjaman, Diberikan dan Berlisensi untuk menawarkan pinjaman kepada individu, perusahaan swasta dan orang yang membutuhkan bantuan keuangan dalam tingkat manfaat yang rendah sebanyak 2% dan Kami menerima pinjaman dalam bentuk apa pun.

    Di sini, di SEMUA PINJAMAN PEMBERIAN GLOBAL, akan membuat yang terbaik dari penghormatan kami kepada semua pelamar yang sah. Anda tidak akan kecewa dengan Kami dalam kesepakatan bisnis ini karena perusahaan kami akan memastikan pinjaman Anda sampai kepada Anda, jika itu tidak juga berakhir di sana, kami memiliki tim ekspatriat yang memahami undang-undang investasi, mereka akan membantu Anda, memberi Anda tips yang akan membantu Anda mengelola investasi tempat Anda menanamkan pinjaman, sehingga Anda tidak pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda dan penawaran luar biasa ini disertai dengan pinjaman Anda dan tidak dikenakan biaya, Hubungi kami hari ini melalui email allglobalgrantloan @ gmail.com


    HUBUNGI KAMI ..... + 1 (412)8513844
    allglobalgrantloan@gmail.com

    BalasHapus
  25. Salam untuk Anda semua
    Saya di sini untuk membagikan kesaksian yang akan bagus bagi mereka yang membutuhkan pinjaman. Nama saya Ny. Norsilawati dari Selangor, saya ingin menasehati semua warga negara Malaysia dan Indonesia untuk sangat berhati-hati ketika mendapatkan pinjaman di internet, Allah telah benar-benar membuat saya berdarah melalui ibu yang baik Ny. Sarah Michael. Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak, jadi saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman online tetapi itu tidak berakhir dengan baik, saya ditipu dan saya kehilangan lebih dari RM7300 dengan pemberi pinjaman yang berbeda. Saya diminta membayar beberapa biaya, saya membayar dan masih belum mendapatkan pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman karena saya berhutang, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Sarah Michael, pemberi pinjaman di perusahaan tersebut, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari ibu Sarah.

    Awalnya saya sangat takut karena pengalaman saya dengan pemberi pinjaman lain dan itu membuat saya trauma. Saya memutuskan dengan berani dan menghubungi Ibu Sarah. Saya mengajukan pinjaman dengan tingkat bunga 2%, saya sangat senang mengatakan saya mendapat pinjaman setelah 48 jam. saya menerima pesan teks dari bank saya mengkonfirmasikan pinjaman itu di rekening bank. Saya akan menyarankan Anda semua yang menemukan pinjaman otentik karena berbagai alasan. Hubungi Bunda Sarah Michael melalui email: (sarahmichael831@gmail.com) ATAU via Whatsapp (Nomor Whatsapp: + 1-315-284-1764)

    Jangan ragu untuk memberi tahu orang yang Anda cintai dan keluarga Anda tentang Ny. Sarah Michael karena ia adalah ibu yang berkualitas baik dan ia telah meminjamkan saya pinjaman yang saya gunakan untuk membayar semua hutang saya dan juga memulai bisnis, silakan hubungi saya melalui email: (norsilawatiz826@gmail.com) jika Anda ragu. dia adalah satu-satunya orang yang jujur ​​dan dapat dipercaya. Saya juga ingin berterima kasih kepada teman saya, yang memperkenalkan saya kepada Ny. Sarah Michael .... Reni Nuraeni saya berterima kasih kepada Anda dan terima kasih banyak telah menunjukkan saya jalan kepada Bunda Sarah.
    Terima kasih untuk semua orang dan ALLAH memberkati kalian semua.

    BalasHapus
  26. Halo semuanya

    Nama saya FRADESY RIRITIA, saya dari indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda semua kebenaran, semua orang yang Anda lihat posting mereka di blog ini dan situs web adalah pencuri (SCAMMERS), saya telah menjadi korban dari cerita mereka dan mereka telah menghancurkan hidupku.
    Saya di sini bukan untuk bercerita tentang bagaimana saya ditipu dan bagaimana saya kehilangan banyak uang untuk mereka.

    Saya di sini untuk memberi tahu Anda PERUSAHAAN LOAN yang benar dan satu-satunya yang ALLAH kirimkan untuk mengubah hidup saya, mereka SEMUA PINJAMAN PEMBERIAN GLOBAL, mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman asli yang diakui dan didanai oleh BANK DUNIA.

    Mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman yang asli, mereka memiliki syarat dan ketentuan pinjaman yang besar, untuk memberi mahkota semua pinjaman mereka terjangkau dan cepat dicairkan tidak seperti perusahaan palsu lainnya yang Anda lihat di sini online yang akan mengambil uang Anda tanpa mengucurkan pinjaman Anda,
    Tolong jangan tertipu oleh penguji yang memiliki nomor indonesia dan whatsapp, mereka semua scammers, bagaimana perusahaan individu dapat memberikan pinjaman ?, yang seharusnya menjadi pertanyaan pertama Anda orang-orang saya.

    Rekan-rekan saya di Asia, saya mohon Anda untuk mendengarkan saya ketika saya bersumpah kepada Anda atas nama Allah, bahwa saya memberi tahu Anda semua kebenaran, SEMUA PINJAMAN SEMUA GLOBAL, perusahaan adalah satu-satunya perusahaan yang dapat diandalkan dan mereka akan memastikan Anda menerima pinjaman setelah Anda menyelesaikan proses pinjaman sesuai kebutuhan.
    Mengapa Anda tidak menjadi salah satu dari mereka yang selamat tinggal dengan menghubungi mereka segera jika Anda SANGAT MENARIK untuk meninggalkan perjuangan keuangan Anda dan untuk meningkatkan tingkat kehidupan Anda, inilah EMAIL mereka allglobalgrantloan@gmail.com.

    Anda sangat bebas untuk menghubungi saya di fradesyriritia12@gmail.com EMAIL saya untuk informasi lebih lanjut, saya akan senang mendengar Anda berbagi kisah kebahagiaan Anda sendiri.
    Terima kasih semuanya, dan semoga ALLAH memberkati SEMUA PINJAMAN SEMUA GLOBAL karena telah memberi saya kegembiraan baru ini.

    BalasHapus
  27. Saya membawa kabar baik kepada Anda semua warga negara Indonesia di platform ini, Tuhan telah sepenuhnya setia kepada saya dan seluruh rumah saya telah bertahan sejak Mei 2019, kesaksian saya dan kabar baik saya berjalan seperti ini, Nama saya Kartin Kiba dari Jl.P .Biak 9 No. 230 Rt.007 Rw.018 Desa Arenjaya, Jakarta Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat, saya adalah seorang pemasar di perusahaan tempat saya bekerja, Suami saya dan saya ingin menggunakan platform ini untuk menginformasikan semua ini. Platform ini membutuhkan dan mencari pinjaman yang tulus untuk berhati-hati karena internet dan blog penuh dengan perusahaan pinjaman palsu dan penipuan yang hanya ada di sini untuk merobek uang hasil jerih payah Anda.

    Suami saya dan saya memiliki hutang besar dan kami memutuskan untuk mencari pinjaman online untuk melunasi hutang kami dan kami menghubungi perusahaan pinjaman dari Singapura yang pada bulan Desember 2018, dan kami ditipu oleh pemilik perusahaan dengan meminta kami untuk membayar banyak biaya yang kami bayar dan pada akhirnya kami tidak mendapatkan pinjaman, kami kehilangan sekitar Rp7.500.000 untuk perusahaan pinjaman palsu di Singapura karena kami mengajukan pinjaman sebesar Rp450.000.000,00 dan dengan semua biaya yang kami bayarkan kami lakukan tidak mendapatkan pinjaman dan suami saya dan saya sangat Frustrasi dan saya dipecat dari pekerjaan saya di perusahaan tempat saya bekerja karena saya juga mengambil pinjaman dari perusahaan tempat saya bekerja dan kami bangkrut dan muak dengan kehidupan.

    Jadi Tuhan itu baik, kami berdoa dan Tuhan mengarahkan kami ke seorang pelayan dan pada hari yang setia ini 20 Mei 2019, saya menjelajah internet ketika saya bisa menemukan kesaksian seorang wanita Indonesia dengan nama Yohanes Hendra Who dari Kota Bandung, bagaimana Tuhan mengubah kehidupan keuangannya melalui perusahaan pinjaman. Dia meminta saya untuk menghubungi ibu Helen dan dia memperkenalkan saya kepada ibu Helen dan dia memberi saya keberanian dan saya mengajukan pinjaman dari ibu dan ibu Helen, Helen akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman. di perusahaan dan saya mendapat jumlah persis yang saya lamar dan saya sangat senang.

    Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberi tahu rekan-rekan saya bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman asli yang asli dan ingin mendapatkan pinjaman cepat dengan tingkat bunga 2%, cukup mendaftar melalui Ny. Helen Wilson melalui email: (helenwilson719@gmail.com) atau melalui Whatsapp: + 1-585-326-2165. Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini, (kartinkiba72@gmail.com). untuk informasi lebih lanjut.
    ALLAH memberkati kalian semua! Terima kasih.

    BalasHapus
  28. My name is Mrs.Aisha Mohamed, am a Citizen Of Qatar.Have you been looking for a loan?Do you need an urgent personal loan or business loan?contact Dr James Eric Finance Home he help me with a loan of $42,000 some days ago after been scammed of $2,800 from a woman claiming to been a loan lender but i thank God today that i got my loan worth $42,000.Feel free to contact the company for a genuine financial service. Email:(financialserviceoffer876@gmail.com) call/whats-App Contact Number +918929509036

    BalasHapus
  29. SAYA MENGHARGAI ANDA SEMUA DI HALAMAN INI
    INI ADALAH CERITAKU

    Saya MURNI SANTI, wanita Aa, ibu, saudara perempuan dan teman dari (Bekasi), Indonesia, saya seorang MANAJER ESTATE NYATA dan saya telah mengalami banyak tekanan keuangan baru-baru ini, tidak ada yang mau meminjam uang kepada kami untuk menyelesaikan proyek komersial kami yang telah dalam konstruksi beberapa bulan sekarang. Saya telah ditipu oleh beberapa perusahaan pinjaman palsu yang mengklaim sejumlah besar uang dari saya tanpa kami tidak menerima pinjaman.

    Saya merasa frustrasi, suami saya mencoba yang terbaik dan membantu, saya akan bunuh diri karena rasa sakit, itu terlalu berat untuk ditanggung dan saya kehilangan semua harapan, sampai saya diperkenalkan kepada SEMUA PINJAMAN HUTAN GLOBAL sebuah perusahaan pinjaman yang disponsori oleh bank dunia itu sendiri.

    Saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman dan menghubungi perusahaan, petugas pinjaman mereka yang benar-benar memberi saya harapan dan mengatakan kepada saya tidak khawatir bahwa perusahaan akan meminjamkan uang kepada saya, bahkan ketika jumlah yang saya butuhkan sangat besar, dan semua saya bisa memberi mereka persyaratan yang merupakan informasi pribadi, yang saya lakukan.

    Saya telah melalui semua proses, mereka berjanji untuk meminjamkan uang yang saya minta setelah mengkonfirmasi saya memenuhi syarat untuk pinjaman, saya diminta untuk menunggu, yang paling mengejutkan adalah pinjaman dimasukkan ke dalam akun saya dan saya mengkonfirmasinya .. Kami perusahaan kembali secara finansial dan keluarga saya baik-baik saja, ini membuat hidup saya lebih baik, saya berterima kasih kepada Allah dan kepada SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL
    GMAIL ..... allglobalgrantloan@gmail.com

    UNTUK MENGHUBUNGI KU
    Murni Santi
    murnisanti55@gmail.com

    BalasHapus
  30. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Data pribadi
    negara: Indonesia
    Nama: Queen Jamillah
    Alamat: Nusa Lembongan
    Telepon:+62 856-9328-4991
    WhatsApp:+62 856-9328-4991
    https://twitter.com/queen_jamillah
    e_mail: queenjamillah09@gmail.com
    e_mail: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    Sudah dua tahun sekarang saya telah memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam 700 juta dari Perusahaan Pinjaman Iskandar Lestari dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipu online saya dapat membuktikan kepada Anda semua bahwa Bunda Iskandar bukan pemberi pinjaman yang curang. telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran bulanan pinjaman yang saya pinjam sebelum saya memohon kepada ibu bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi bisnis saya lebih lanjut sehingga saya menyerahkan 2,7 miliar setelah melalui proses hukum saya transaksi telah disetujui oleh otoritas dan dalam waktu tiga hari proses hukum untuk menyalurkan pinjaman saya ke rekening Bank Rakyat Indonesia saya dicapai dengan mudah. Saya tidak memiliki tantangan dengan Bank Indonesia karena Ms. Iskandar dan tim Manajemen dari ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah sehingga tidak ada masalah sama sekali untuk bantuan keuangan, hubungi Pemberi Pinjaman ISKANDAR hari ini
    e_mail: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus
  31. Halo,
    Nama saya Asmaul Khusnuliyah, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua pencari pinjaman akan berhati-hati tentang pemberi pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman online tetapi saya ditipu dan kehilangan Rp. 12,3 juta untuk seorang pria di Afrika. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Ny. Reni Nuraeni (reninur461@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Sarah (sarahmichael831@gmail.com), Manajer Kantor Pinjaman TEXCO, jadi teman saya meminta saya untuk memproses pinjaman saya dengan Ny. Sarah. Jadi saya menghubungi Ny. Sarah melalui email kantor: (texcoloans@gmail.com) dan juga di WhatsApp: + 1-315-284-1764

    Saya mengajukan pinjaman sebesar IDR 640 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk transfer pinjaman, Saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 4 jam, uang pinjaman saya dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan IDR640 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa saya dan dia telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati Ny. Sarah yang memberi saya kehidupan yang adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ny. Sarah melalui email: (sarahmichael831@gmail.com) dan email Perusahaan; (texcoloans@gmail.com) atau melalui WhatsApp: + 1-315-284-1764 untuk pinjaman Anda

    Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (asmaulkhusnuliyah1@gmail.com)
    Salam pembuka

    BalasHapus
  32. Assalamualaikum
    Nama saya Kemala Jayachandra
    Dari Jakarta selatan Indonesia
    e-mail: kemalajayachandra438@gmail.com
    Saya berterima kasih kepada ALLAH untuk membuat kesedihan saya berakhir melalui RYAN CEANIC LOAN FIRM untuk beberapa waktu sekarang perdagangan saya telah turun dan saya telah mencari pinjaman besar untuk meningkatkan perdagangan saya kembali, saya telah ditipu berkali-kali semua janji saya pada pinjaman tetapi mereka selalu menipu dan berbohong kepada saya, jadi saya bertemu RYAN CEANIC dan memberi saya pinjaman Rp 1 miliar (Rp 1.000.000.000), saya hanya melakukan pembayaran untuk asuransi pinjaman dan biaya transfer sebelum pinjaman saya ditransfer ke rekening saya, mereka yang mencari pinjaman harus hati-hati karena 75% dari pinjaman online itu palsu, bagi mereka yang mencari pinjaman harus menghubungi RYAN CEANIC LOAN FIRM adalah 100% peminjam pinjaman online,
    E-mail: ryanceanicloanfm@protonmail.ch
    Whatsapps: +4915772501298

    BalasHapus
  33. Nama:Teddy Liza
    status perkawinan: janda
    jumlah pinjaman:3.6 miliar rupiah
    tempat tinggal saya:. Palangkaraya
    email ku:::teddyliza2020@gmail.com
    kesaksian yang memotivasi saya whatsapp :;l+ 6281617538564
    tujuan pinjaman saya :Investasi / hutang

    Halo semuanya, sekarang dari (bahasa Indonesia [baˈha.sa in.doˈne.sja])/Malay, . Saya seorang janda dengan dua anak dan sejak Februari 2019 karena kebakaran dalam bisnis yang membanjiri bisnis saya dan saya mencoba mencari pinjaman dari bank saya, bank mengatakan dengan saya memiliki kredit buruk sehingga saya mencobanya dengan pemberi pinjaman lain di mana saya bodoh. Tetapi seperti yang Tuhan kehendaki, saya membaca kesaksian AASIMAHA ADILA AHMED LOAN FIRM di majalah bisnis, yang membantu bisnis dan individu dengan pinjaman besar. Saya mengajukan permohonan dan saya telah menerima pinjaman 3,6 miliar rupee dengan tingkat bunga sangat rendah 1% dan rencana pembayaran yang lebih baik. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa ada banyak scammer di sini. Ambil permintaan peminjam untuk biaya asuransi, Peminjam tidak memiliki sertifikat bisnis, Peminjam palsu tidak peduli dengan gaji bulanan Anda yang membuat Anda memenuhi syarat untuk mendapat pinjaman, peminjam Palsu tidak memiliki alamat kantor fisik. Peminjam palsu meminta biaya pendaftaran dan biaya pajak, peminjam Palsu tidak memiliki situs web. Jika Anda mencari pinjaman, selalu minta pemberi pinjaman untuk situs webnya, karena banyak pemberi pinjaman palsu tidak memiliki alamat dan situs web. Jika Anda menginginkan pinjaman yang sah,Sukses hanya datang bagi mereka yang percaya pada diri mereka sendiri dan siap untuk menang. Saya tidak mengharapkan apa pun selain yang terbaik untuk Anda. Beralih ke tahap baru dalam hidup bisa menjadi proses yang menantang. Semoga Anda beruntung dalam semua upaya masa depan Anda, Anda akan menjadi hebat. ajukan sekarang.

    Aasimaha adila ahmed kontak pusat aplikasi pinjaman
    E-mail**aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com
    Whatsapp *********^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^+ 447723553516

    BalasHapus
  34. Nama saya Asmaul Khusnuliyah, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua pencari pinjaman akan berhati-hati tentang pemberi pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman online tetapi saya ditipu dan kehilangan Rp. 12,3 juta untuk seorang pria di Afrika. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Ny. Reni Nuraeni (reninur461@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Sarah Michael, Manajer Kantor Pinjaman TEXCO, jadi teman saya meminta saya untuk memproses pinjaman saya dengan Ny. Sarah. Jadi saya menghubungi Ny. Sarah melalui email: sarahmichael831@gmail.com dan juga di WhatsApp: + 1-315-284-1764

    Saya mengajukan pinjaman sebesar IDR 640 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan penjamin untuk transfer pinjaman, Saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 4 jam, uang pinjaman saya dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan IDR640 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya ALLAH telah menjawab doa-doa saya dan dia telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga ALLAH memberkati Ny. Sarah yang memberi saya kehidupan yang adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ny. Sarah melalui email: (sarahmichael831@gmail.com) dan WhatsApp: + 1-315-284-1764 untuk Anda pinjaman

    Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada ALLAH untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (asmaulkhusnuliyah1@gmail.com)
    Salam pembuka

    BalasHapus
  35. Nama saya Yodika Roni, saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman internet karena begitu banyak pemberi pinjaman internet di sini palsu. Bisnis saya menderita karena saya memiliki sedikit uang untuk diinvestasikan untuk membuat bisnis saya besar sehingga saya dapat menghasilkan lebih banyak keuntungan dan juga memiliki cabang lain.

    Jadi, saya pergi melalui internet dan saya melihat begitu banyak cerita bagus tentang bagaimana mereka mendapat pinjaman dan mereka termasuk email untuk dihubungi, jadi, saya memutuskan untuk mencoba apakah saya bisa meminjam dari salah satu dari mereka dan jadi saya menghubungi salah satu dari mereka . Saya diminta untuk mengirim semua dokumen saya dan mereka meminta saya membayar untuk menerima pinjaman, saya membayar banyak uang tetapi saya tidak menerima pinjaman. Dan begitulah bisnis saya hampir hancur.
    Tetapi dalam semua yang terjadi pada saya, saya masih berdoa kepada Allah untuk menyelamatkan saya dari masalah yang telah saya hadapi ini, saya berdoa kepada Allah setiap hari untuk membantu saya keluar dari situasi yang saya temukan sendiri karena hanya Allahlah yang dapat mengubah situasi saya.

    Minggu lalu Senin, setelah saya melaporkan apa yang terjadi pada saya dengan Interpol, saya pergi untuk memeriksa blog di mana saya melihat posting wanita yang mencuri uang saya. Begitulah cara saya melihat posting oleh Ny. Sarah Ward yang mengatakan bahwa ada perusahaan pinjaman tanpa registrasi perusahaan yang sah adalah palsu dan mereka bukan pemberi pinjaman. Saat itulah saya menyadari bahwa sayalah yang melakukan kesalahan dan seharusnya saya tidak menghubungi wanita yang mencuri uang saya atas nama perusahaan pinjaman karena mereka tidak memiliki nomor registrasi perusahaan, itu hanya email yang saya lihat.

    Jadi, saya memutuskan untuk menghubungi Ny. Sarah Ward melalui email: 24hoursfinance.org@gmail.com,

    jadi, saya mengajukan pinjaman dari perusahaan dan mereka mengirimi saya syarat-syarat yang saya setujui. Setelah persetujuan pinjaman saya, saya diminta untuk mengirim rincian bank saya yang saya lakukan. Saya baru saja di rumah ketika menerima pemberitahuan dari bank bahwa akun saya telah dikreditkan dengan pinjaman saya dari 24HOURSFINANCE. Saya sangat bahagia dan saya berjanji kepada Allah bahwa saya harus meluangkan waktu untuk membagikan kisah ini sehingga orang lain dapat diselamatkan dari tangan para pemberi pinjaman palsu itu.
    Saya ingin Anda yang membaca cerita saya untuk menghubungi 24HOURSFINANCE jika Anda membutuhkan pinjaman sehingga Anda tidak akan kehilangan uang Anda untuk pencuri itu. .
    Jadi, saya menggunakan kesempatan ini untuk memberi tahu semua orang dari Indonesia dan negara-negara lain yang tepat untuk membaca cerita saya dan dia membutuhkan pinjaman untuk menghubungi 24HOURSFINANCEAnda masih dapat menghubungi mereka melalui email: 24hoursfinance.org@gmail.com

    jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut dari saya, jangan ragu untuk menghubungi saya melalui Email: yodikaroni@gmail.com
    Teman-teman saya yang saya ceritakan kisah saya juga menghubungi perusahaan untuk pinjaman dan mereka semua telah menerima pinjaman mereka dan di bawah ini adalah informasi mereka,

    Email Nyonya YONO SURI: yonosuri702@gmail.com
    SRI PURWATI Email: srip2041@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi mereka untuk informasi lebih lanjut dan ketika Anda menghubungi Mrs SARAH WARD untuk pinjaman, cobalah untuk membagikan kabar baik Anda setelah Anda menerima pinjaman Anda sehingga orang lain dapat diselamatkan dari pemberi pinjaman pinjaman palsu.
    Sekali lagi terima kasih semua telah membaca cerita saya, dan tolong coba bagikan cerita Anda setelah menerima pinjaman Anda dari 24HOURSFINANCE sehingga orang lain dapat diselamatkan dari tangan para pemberi pinjaman yang buruk dan semoga Allah terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran.

    BalasHapus
  36. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus
  37. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus

  38. Do you need any kind of loan if yes my contract Mr Anthony who help me with a loan just few week's back , i just need to share this round the world to let people know that there are still good heated people in the world today . I really lost money to scammers online all because i was desperate for a loan . Until i saw a comment about him , contacting him his not a mistake but a dreams come through for me . Now I'm a happy man with my family . Contact him if you need any loan at : challotloan@gmail.com

    BalasHapus
  39. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    BalasHapus
  40. Kabar baik!
    Nama saya Mitu Maria, saya dari kota Bandung. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya sangat membutuhkan pinjaman, karena situasi keuangan saya tidak sehebat itu dan saya putus asa, saya jatuh ke tangan kreditor palsu, dari Arab Saudi dan Singapura. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ibu. Helen, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp350 juta dalam waktu kurang dari 48 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah hidup saya dan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Ny. Helen Wilson mentransfer pinjaman saya, saya menerima pemberitahuan dari Bank dan ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya, saya menemukan bahwa jumlah yang saya ajukan telah dikreditkan ke rekening bank saya.

    Jadi untuk pekerjaan baik yang telah dilakukan Ny. Helen dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang Ny. Helen, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, silakan hubungi Mrs.Helen Wilson melalui email: (helenwilson719@gmail.com) atau melalui Whatsapp + 1-585-326-2165

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (mitumaria47@gmail.com) dan Miss Kartin Kiba yang memperkenalkan saya dan memberi tahu saya tentang Ny. Helen, dia juga menerima pinjaman dari Ny. Helen Wilson. Anda juga dapat menghubunginya melalui email: (kartinkiba72@gmail.com) Sekarang, saya adalah pemilik bangga wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati Bunda Helen untuk pekerjaannya yang baik dalam hidup saya dan saya keluarga.

    BalasHapus
  41. nama saya Alberth Eduard Sanady, saya berusia 47 tahun dan saya tinggal di Jl. Sorido Raya. km.12 No. 14. Kota Biak Provinsi Papua. Indonesia. Saya kehilangan 87 juta Rupiah untuk pemberi pinjaman palsu hanya karena saya mengajukan pinjaman 1 milyar Rupiah untuk berinvestasi dalam bisnis resor saya di Bali.
    Baru-baru ini saya membaca artikel berita di sebuah blog tentang pandemi coronavirus yang sedang berlangsung dan bagaimana hal itu mempengaruhi setiap sektor ekonomi.
    Di blog saya melihat kisah ibu yanti Ari dengan alamat, nomor telepon, dan juga nomor Whatsapp di bagian komentar tentang bagaimana ia meminjam dengan sukses dari ibu ANA MICHAEL dari PINJAMAN KEPERCAYAAN JAMINAN dan di bawah ini adalah informasinya

    ibu Yanti Ari dengan nomor teleponnya: +62 821-1644-0184 dan nomor Whatsappnya: +62 821-1644-0184. dia tinggal di Kota Medan. emailnya: ariy62612@gmail.com dan ini adalah detail perusahaan yang dia katakan dia hubungi.
    PINJAMAN KEPERCAYAAN GARANSI dan email kontak perusahaan :: anamichaelguarantytrustloans@gmail.com

    Karena penasaran saya memutuskan untuk menghubungi ibu yanti untuk memverifikasi apakah cerita yang dibagikannya itu benar karena saya sudah menjadi korban pemberi pinjaman palsu, jadi saya meneleponnya dan kami juga mengobrol tentang whatsapp di mana ia mengirimi saya semua bukti pinjamannya dari PINJAMAN KEPERCAYAAN JAMINAN.
    Setelah melihat dan mengkonfirmasikan semua yang dikatakan ibu Yanti, saya memutuskan untuk menghubungi PINJAMAN KEPERCAYAAN JAMINAN dan saya dihadiri. Setelah saya menyerahkan semua dokumen yang diminta dari saya. Aplikasi pinjaman saya disetujui dan saya menerima pinjaman saya di rekening bank. Saya berjanji kepada ibu Yanti bahwa saya akan meluangkan waktu untuk berbagi kebaikan jika saya menerima pinjaman dari perusahaan. semoga Allah terus memberkati ibu Yanti dan perusahaan atas apa yang telah mereka lakukan untuk saya.
    Anda dapat menghubungi ibu Yanti jika Anda mau dan Anda dapat menghubungi saya untuk lebih jelasnya melalui email saya: albertheduardsanady@gmail.com

    BalasHapus
  42. Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau memperluas bisnis Anda?
    Apakah Anda mengalami kesulitan dalam memperoleh pinjaman dari Pemberi Pinjaman keras atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
    Maka khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
    Kembali ke kami untuk negosiasi jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
    JENIS PINJAMAN KAMI
    Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban keuangan. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

    Data pemohon:
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara
    3) Alamat:
    4) Seks:
    5) Bekerja:
    6) Nomor Telepon:
    7) Posisi saat ini di tempat kerja:
    8 Penghasilan bulanan:
    9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    10) Periode pinjaman:
    11) Apakah Anda mendaftar sebelumnya:
    12) Tanggal Lahir:
    Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
    {gloriasloancompany@gmail.com} atau
    Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
    Salam Hormat

    BalasHapus