Rabu, 24 Juli 2019

Malaysia Healthcare Tawarkan Second Opinion Medical Treatment untuk Masyarakat Medan



Kesehatan merupakan harta yang paling berharga bagi setiap manusia. Jika tubuh dalam keadaan tak sehat, tentu akan memberikan dampak negatif bagi keseharian dan aktifitas kita. Lagi pula, sedari kecil, kita telah sering mendengar, di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat, bukan? Nah, makanya, sejak dini, sangat disarankan, kita untuk menjaga kesehatan, salah satunya dengan sering cek kesehatan, supaya kalau memang kita mengidap suatu penyakit, lebih cepat ketahuan dan segera ditangani. Untuk mendapat pelayanan tersebut, tentu saja, kita berobat ke rumah sakit, baik di dalam, mau pun luar negeri.

Sebagai contoh, salah seorang sahabat saya yang menderita suatu masalah kesehatan, setelah berobat di Medan, mencari second opinion untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di Malaysia dan melakukan operasi di sana. Ada lagi saudara saya di Aceh, setelah melakukan cek kesehatan di Aceh, terbang ke Malaysia untuk check up. Terakhir, salah seorang supir transportasi online yang lagi-lagi menyebutkan, kesehatan orang tuanya pulih, setelah melakukan operasi ganti tempurung lutut di Malaysia. Kenyataan seperti beberapa contoh di atas, sudah sering dilakukan masyarakat Indonesia, khususnya Medan, yang tak terlalu jauh untuk ke Kuala Lumpur dan Pulau Penang.

Disebabkan sudah sering mendengar hal tersebut, makanya saya bersemangat untuk mengikuti Bincang  Kesehatan bertemakan Fit for Life yang diadakan oleh Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) – Malaysia Healthcare bersama Ramsay Sime Derby Health Care di Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Jalan Kapten Maulana Lubis Nomor 7, Kota Medan, Sabtu (20/7/2019).



Pada kesempatan tersebut, Chief Commercial Officer MHTC, Nik Yazmin Nik Azman mengatakan, Malaysia menawarkan layanan kesehatan yang terjangkau dengan kualitas dunia bagi wisatawan medis. Malaysia disebutkannya, memiliki 200 rumah sakit swasta, di mana 73 di antaranya terdaftar sebagai anggota Malaysia Healthcare serta dilengkapi dengan berbagai layanan kesehatan dengan kualitas terpercaya, teknologi kesehatan terdepan, dan fasilitas mutakhir untuk melayani pasien dari seluruh dunia.
Indonesia sendiri, merupakan salah satu pasar utama dari Malaysia Healthcare, di mana setiap tahunnya, pasien yang berasal dari kota-kota seperti Jakarta, Surabaya, dan Medan, mencari perawatan kesehatan sebagai upaya untuk melengkapi layanan kesehatan yang ditawarkan di Indonesia. Jadi jelas, orang Indonesia, seperti yang sudah saya sebutkan di atas, berobat ke Malaysia, untuk melengkapi pengobatan yang sudah dijalani di Indonesia. Orang Indonesia yang berobat ke Malaysia itu, mengunjungi destinasi perawatan kesehatan di Melaka, Penang, Serawak, Selangor, dan Kuala Lumpur.

Maka dari itu kata Nik Yazmin, mereka sangat senang dapat hadir di Indonesia, semakin dekat menghadirkan beragam layanan kesehatan end-to-end yang bebas hambatan (seamless), khususnya bagi masyarakat Medan. Selain itu, Malaysia Healthcare, juga memberikan Quality Care for Your Peace of Mind, melalui upaya peningkatan kualitas layanan yang terus dilakukan di setiap pengalam layanan kesehatan bagi para pasien asal Medan.

Kata Nik Yazmin, salah satu tujuan pasien Indonesia untuk berobat di Malaysia adalah perawatan fertilitas (kesuburan reproduksi), dengan program In Vitro Fertilization (IVF) atau bayi tabung, yang merupakan salah satu layanan kesehatan unggulan di Malaysia.  Sebutnya, dukungan dari lima pusat fertilitas Malaysia Healthcare yang telah disertifikasi oleh Badan Akreditasi Teknologi Reproduksi dari Australia, semakin meyakinkan langkah Malaysia untuk menjadi Pusat Kesuburan Reproduksi di Asia.


Kemudian mengenai jumlah pasien yang datang untuk berobat ke Malaysia dikatakan Marketing Director Indonesia MHTC, Farah Delah Suhaimi, ada di angka 1.2 juta jiwa dari berbagai negara, di mana 66% dari Indonesia. Indonesia ini katanya, memang sangat penting bagi MHTC untuk mempromosikan tentang rumah sakit di Malaysia. Untuk di Indonesia sebut Farah, MHTC berkantor pusat di Jakarta. Namun demi merperkenalkan tentang pelayanan kesehatan di Malaysia, tim MHTC juga berkunjung ke kota lain seperti Surabaya dan Medan, guna memberikan informasi bagi para pasien yang hendak ke Malaysia untuk berobat mengenai ke rumah sakit mana yang sebaiknya didatangi, biaya, bagaimana perawatannya, yang kerap menjadi masalah bagi para pasien Indonesia. Jadi katanya, MHTC dapat menjadi problem solving secara gratis, mewakili pemerintah Malaysia.

Siapa MHTC?



Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) adalah badan pemerintah yang telah diberikan kepercayaan untuk mengelola pariwisata kesehatan di Malaysia. Didirikan pada tahun 2009, MHTC berupaya memfasilitasi dan mengembangkan industri pariwisata kesehatan Malaysia dibawah brand Malaysia Healtcare, untuk menjadikan Malaysia sebagai tujuan utama pariwisata kesehatan di dunia. Sejak itu, MHTC telah menyatukan para pemain industri dan penyedia layanan ke dalam sebuah strategi pengembangan yang berfokus untuk meningkatkan profil pariwisata kesehatan Malaysia di kancah dunia. Ini merupakan contoh model kemitraan antara publik-swasta (public-private partnership – PPP), yang telah berhasil dalam mengembangkan sektor pariwisata kesehatan di Malaysia.

Kenapa Harus Malaysia Healthcare?








Perawatan End-to-End bebas Hambatan



Pusat panggilan MHTC dapat dihubungi melalui nomor telepon 1-800-188-688 (untuk Malaysia) atau +603 272 68 688 (untuk luar Malaysia), bertugas untuk melayani segala pertanyaan mengenai pariwisata kesehatan. Pusat Panggilan MHTC beropersai dari Senin – Jumat pukul 09.00 – 18.00 (GMT +8).

MHTC Concierge and Lounge (MCL) yang juga terintegrasi dengan Pusat Panggilan MHTC adalah suatu proses terpadu yang menyediakan akses bagi para wisatawan kesehatan untuk mencari informasi lengkap mengenai pengalaman menginap yang nyaman dan bermanfaat di Malaysia bagi para wisatawan kesehatan. Berlokasi di Balai Kedatangan bandara Internasional Kuala Lumpur (Gerbang 8), dan Bandara Internasional Penang, MCL memiliki tujuan utama untuk menyebarkan informasi mengenai layanan kesehatan dan memfasilitasi informasi tentang transportasi, akomodasi, dan perjalanan di Malaysia.

Sebuah tim yang berpengalaman akan membantu memberikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan setiap wisatawan kesehatan, mulai dari rumah sakit dan pusat perawatan, jenis perawatan yang tersedia, akomodasi, serta kebutuhan pariwisata kesehatan lainnya.



Para calon wisatawan kesehatan juga dapat memperoleh beragam informasi mengenai layanan kesehatan di Malaysia, seperti perawatan medis, akomodasi dan perjalanan, di situs web: www.medicaltourismmalaysia.com dan www.mhtc.org.my dengan sosial media MHTC di Facebook – facebook.com/medtourismmy.id dan instagram – instagram.com/medtourismmy.id.




Pentingnya Menjaga Kesehatan



Dalam kesempatan itu, hadir pula Head of Strategic Partnership, Malaysia, Ramsey  Sime Derby Health Care, Dr. Savitha yang memberikan materi bermanfaat lainnya, yaitu seputar cara memelihara kesehatan, dengan rincian sbb:

Ø Healthy balance diet/Diet seimbang yang sehat
Ø Maintain a healthy weight/Mempertahankan berat badan yang sehat
Ø Regular exercise/Rajin berolahraga
Ø Do not smoke/Tidak merokokDrink alcohol in moderation/Minum alkohol dalam jumlah sedang
Ø Adequate sleep/Cukup istirahat
Ø Regular health screening/Rutin melakukan pemerikasaan kesehatan


Menurutnya, memelihara tubuh – diet seimbang tersebut, dapat dimulai dari cara kita memilih bahan makanan karena makanan yang akan kita masak tersebut. Disarankannya, ketika berbelanja, kita hendaknya memilih bahan makanan yang penuh dengan serat, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran-sayuran. Kalau untuk daging katanya, pilihlah daging yang bebas dari lemak, baik daging putih atau daging merah.




Cara selanjutnya katanya, hendaknya kita menghindari gorengan, kalau bisa menjauhi makanan olahan, juga makanan yang tinggi karbohidrat dan gula. Terakhir katanya, kurangi penggunaan garam.


Ada piramida makanan yang sudah sering kita lihat. Piramida makanan ini sangat membantu kita dalam memilih makanan yang akan kita konsumsi, khususnya di restoran. Yang penting diingat adalah, kita sebaiknya memperbanyak makan makanan di bawah piramida seperti sayur mayur, kacang-kacangan dan buah-buahan.






Jadi kesimpulan yang dapat saya tangkap dari Bincang Kesehatan tersebut adalah selain memang mempromosikan segala sesuatunya terkait MHTC, kegiatan ini memberikan pandangan baru bagi peserta yang hadir dalam berkeinginan untuk menjaga kesehatan. Menjaga kesehatan yang utama adalah melalui pola makan dan diet yang seimbang, sebelum berbagai penyakit berdatangan. Bukankah mencegah lebih baik dari pada mengobati?

Salam, Auda Zaschkya

FB: Auda Zaschkya
Twitter: @perempuankopi
Ig: @perempuankopi
email: zaschkya25@gmail.com














59 komentar:

Eka mengatakan...

Sarana kesehatan makin banyak pilihan sekarang

Yulinda mengatakan...

Menjaga pola makan itu memang penting ya mba biar hidup kita selalu sehat dan terjaga.

Bonitnotz mengatakan...

Seiring perkembangan zaman, sajian fasilitas untuk kesehatan kian beragam.. kerenn... 😍

Sari Hati mengatakan...

Layanan kesehatan terjangkau dengan kualitas dunia, jelas itu adalah salah satu pertimbangan banyak orang yang melakukan pengobatan disana ya.

Yanti mengatakan...

Memang sedari dini harus jaga ksehatan ya mba agar terhindar dari penyakit1 berbahaya meriksa ksehatan juga dah banyak pilihan

Najmi Almanar mengatakan...

Mantep yaa nalaysMa bisa jd negeri dengan tujuan pariwisata medis

Yayah_R mengatakan...

Informasi yang sangat berguna. Harapannya sih.. sehat terus, tapi kalau suatu saat butuh berobat ke sana jadi tahu apa dan ke mananya.

Kartika mengatakan...

Saya sudah pernah ke penang, nemenin tante berobat..sebenarnya di jakarta rumah sakit dan dokternya sama saja capable nya, bedanya cuma bisa jalan jalan ke Liar Negeri saja.. ��

Uut fauziah mengatakan...

Aku beneran baru tau deh ada cara mudah untuk berobat diluar negeri,semoga kita sehat selalu ya,main kesana hanya untuk chek kesehatan aja

Valentina Yosnanda mengatakan...

Mantep penjelasannya kak. Aku sampai sekarang masih doyan gorengan banget. Harus sadar mulai sekarang kalau kesehatan adalah segalanya

Yettie herawati mengatakan...

Bener kata menjaga kesehatan itu penting banget, makan-makanan yang seimbang serta olah raga yang teratur sangat mendukung

Yettie herawati mengatakan...

Bener kata menjaga kesehatan itu penting banget, makan-makanan yang seimbang serta olah raga yang teratur sangat mendukung

Selvijua31 mengatakan...

Berobat ke Malaysia sekarang sudah tau ya harus gimananya, tapi tetap harus semangat jangan sampai sakit

siska Pariska mengatakan...

Emang ya ngejaga pola makan itu wajib hukumnya tp nyampe skrang aku masih suka makan seenaknya huhu

Yessimmbayu mengatakan...

Jauh amat ke Malaysia, ongkosnya mehong kak, coba indonesia bisa sebagus luar ya

fenni bungsu mengatakan...

Kunjungan MHTC ke Surabaya dan Medan jadi bekal informasi buat pendengar dan bisa disebarluaskan ke banyak orang

Wndfs.blogspot.com mengatakan...

Cara untuk upaya kesehatan udah beragam yah, salah satunya MHTC ini, dri apa yg kaka tulis bgus banget MHTC ini

Natrarahmani mengatakan...

Jadi lebih yakin ya kak sama pelayanan Malaysia health care yang end-to-end

Ide Gadis mengatakan...

Blog dengan informasi yang sangat berguna. Kesahatan itu nomer satu dong

mondyla mengatakan...

Paling penting itu memeng jagaa pola makan biar selalu sehat. Dan ga gampang sakit .

BeautyReinbow mengatakan...

Setuju banget mencegah lebih baik daripada mengobati, tapi aku juga masih kurang jaga pola makan sih huhu makasih kak informatif banget❤

PuputFebriina mengatakan...

Seminarnya buat kita sadar akan pentingnya menjaga pola hidup sehat yakan kak.

sumiyati sapriasih mengatakan...

Sarana olah raga makin banyak, namun kadang-kadang masih malas ya untuk ber-olah raga, yuk ... mulai sekarang hidup sehat dengan ber-olah raga

METAMORPHOSIS mengatakan...

Yuk jaga kesehatan dengan pola makan sehat dan medical check up setiap tahun

Nufa Zee mengatakan...

Malaysia Healthcare dan Ramsay Some Darby Healthcare total ya dalam memberikan pelayanan kelas dunia bagi wisatawan kesehatan 👍

Diayu Refina Sembiring mengatakan...

Seneng banget dapat info selengkap ini tentang kesehatan dan juga lokasi buat berobat ya kak, lengkap sama fasilitasnya pula.

Kesih Latief mengatakan...

Info nya lengkap sekali mba, memang kunci nya itu harus menjaga pola makan ya tp kadang saya masih suka makan sembarangan .. Apa aja d makan kadang sesuai aturan .. Hahhaa

Tariita asgara mengatakan...

Bertambah pengetahuan ikutan seminar gini ya kan kak.. Padahal aslinya dulu tu aku males banget ikutan seminar-seminar kesehatan.

Agnesiarezita mengatakan...

Semoga kakak sehat selalu ya kak, kembali normal seperti sedia kala, kalau ada rezeki kesempatan pergi ke malaysia

Christy Vero - Obrolanmanis.com mengatakan...

Banyak banget ilmu yg didapat dari event ini dan membuat aku semakin sadar untuk jaga kesehatan

Julia.K mengatakan...

Sama gak ini dengan Penang. Orang orang biasanya ke Penang berobat

Selvijua31 mengatakan...

Berwisata bukan harus yang ketempat indah dan tempat hiburan, ternyata bis juga wisata kesehatan dan ada di malaysia, jadi lebih tau bagaimana caranya mau jalani berobat disana

vicka mengatakan...

malaysia semakin canggih dalam mengintegrasikan kesehatan dan kepariwisataan, semoga kelak Indonesia bisa mencontoh malaysia dan akses berobat juga secanggih malaysia,

Luella Artistry mengatakan...

Acara nya seru juga ya.. bisa nambah insight sama pengetahuan juga deh.. tp emang bener sih kesehatan itu penting bgt ya.

Valentina Yosnanda mengatakan...

Pola makan aku sampai sekarang masih tydac teratur apalagi pola tidur apalagi pas ada deadline ya ampun kesehatan mahal harganya gais 😊

Area Cewe mengatakan...

Wah enak karena relatif dekat ya jaraknya

Melissa Olivia mengatakan...

Sekarang banyak RS luar negeri promosi di Indonesia juga ya. Ga cuma RS bedah plastik Korea aja 🤭

Alkalinda mengatakan...

terima kasih kak untuk infonya tentang MHTC, kebetulan saudara sepupu saya ada yang tinggal di Malaysia dan MHTC bisa jadi pilihan ketika ia ingin berobat di sana.

Rayafr mengatakan...

Zaman sekarang emang harus dijaga pola makannya, sehat itu mahal apalagi sakit huhu...MHTC jadi banyak warga Indo malah berobat ke sana

Keke Naima mengatakan...

Almarhum papah saya juga pernah berobat dan dirawat di Malaysia. Saya lupa di mana. Alhamdulillah sembuh

Afrilentin mengatakan...

Emang banyak yang bilang mba berobat di malaysia tuh bagus dari dokternya,obatnya untuk penyakit kaya jantung gitu juga pengalaman rekan kantor suami berobat di malaysia juga harganya gk mahal

Rima Angel mengatakan...

Oh jadi dia bekerjasama dengan berbagai negara ya untuk ini. Keren juga sih aku liatnya.

Kesih Latief mengatakan...

Kunci nya jaga pola makan ya. Bagaimanapun jg siapa sih yg mo sakit. Fxi, mks info nya ya, rekomended bgt ini ..

diahagustina65.com mengatakan...

Pantas saja yah Kak, orang Indonesia banyak yang terbang ke Malaysia buat berobat

Winda - dajourneys.com mengatakan...

acaranya bagus banget ya mbak, mengingatkan kita akan pentingnya menjaga kesehatan sejak dini

Wiwid Nurwidayati mengatakan...

Malasya memang terkenal untuk masalah kesehatan. Orang-orang tua biasa menyebutnya "berobat ke melaka". katanya salah satunya yang membuat bagus adalah servis layanannya.

btw saya masih suka gorangan. kadang tahan pas niat diet tinggi, tapi sering juga kalap. heheheh...kapan bisa tobat dari gorengan ya.

Renita Oktavia mengatakan...

Indonesia menjadi salah satu wisatawan kesehatan terbesar di Malaysia. Gak tahu harus sedih atau seneng ini hehehe. Andai saja fasilitas kesehatan di Indonesia sangat memadai, mungkin orang tidak perlu berbondong-bondong datang ke Malaysia.

Semoga ke depannya, pemerintah bisa bisah memperhatikan hal ini. Karena memang tidak bisa dipungkiri, terkadang ada sebagian orang yang merasa bangga bisa berobat ke luar negeri.

Fionaz mengatakan...

Pelayanan kesehatan di malaysia memang sudah bagus banget.. tapi sebaiknya memang kita menghindari sakit itu sendiri dengan menjaga pol makan dan gaya hidup

Diary Novri mengatakan...

Selain Singapura dan China, Malaysia sudah jadi destinasi berobat. Mudah2an sih, ngga pernah kesana utk berobat, tp jalan-jalan aja. Hehehe.. Terima kasih infonya mbak.

Siska Dwyta mengatakan...

Tak heran ya kalau banyak orang Indonesia yang memilih berobat ke Malaysia karena pelayanan kesehatannya di sana juga sudah kualitas dunia. Semoga pelayanan kesehatan di Indonesia juga ke depannya bisa lebih baik lagi

Tami Oktari mengatakan...

Topik kesehatan kayak gini rmang menarik ya kak hehe apalagi ada pembahasan ttg diet seimbang yang sehat gitu

Meykke Santoso mengatakan...

Seneng ya mbak bisa datang ke seminar berfaedah gini. Aku jga seneng ikutan acara bertemakan kesehatan cause health is no 1,isn't it?

Dan keliatan bunafit juga Malaysia Healthcare ya. Pernah juga sepupu ku juga berobat sampai ke Malay, berobat skoliosis gitu

S. Diana (www.shoyumi.site) mengatakan...

wih yang punya juga Ramsay Healthcare ya, yang punya RS Premiere juga, udah ga diragukkan lagi kualitas dokternya sih sama pelayanannya.

Icha Amalia mengatakan...

Ikutan acara kayak gini nambah insight ya, jadi tau lebih banyak

Anggi Putri W mengatakan...

Sekarang bidang kesehatan meningkat pesat ya jadi lebih merasa aman aja misal butuh perawatan darurat

Ririn Wandes mengatakan...

Aku tuh berkali-kali ke Malaysia tapi belum pernah liat langsung lounge nya Malaysia Health Care di bandara. Ini memang bagus dan memudahkan pasien jaman now yang mau berobat di luar negeri ya ,sis.

Ivonie mengatakan...

Saat ini banyak orang Indonesia yang berobat ke Malaysia ya, salah satu anak temanku juga menjalani perawatan di sana, makasih sharingnya jadi nambah pengetahuan mengenai Malaysia Health Care.

Dian mengatakan...

Malaysia memang jadi tempat favorit orang indonesia buat berobat ya..

Apalagi ada Malaysia Health Care ini, info berobat ke malaysia makin lengkap ya

Muhammad Rifqi Saifudin mengatakan...

Ternyata Malaysia juga punya tempat berobat yang kompeten ya. Suatu saat bisa dijadikan referensi nih

[Review] Vaseline Super Food Skin Serum, bukan Hand & Body Lotion Biasa

Memiliki kulit wajah dan tubuh yang terawat dan sehat, tentu impian kita. Selain itu, anugerah Tuhan yang ada di diri kita, sepatunya mema...