[Review] L’OREAL Infallible Pro-Matte, Foundation Anti Kusam Buat Kulit Berminyak


Hallo girls...

Apa yang dicari seorang perempuan sebagai dasar riasan wajahnya? Tentu saja Foundation yang dapat diajak melindungi wajah dalam aktifitas kesehariannya. Kemudian, apa pula yang ditakutkan oleh pemilik kulit berminyak setelah memakai foundation? Tentu saja ketahanan foundationnya yang transferproof. Foundation tersebut pastinya diharapkan dapat menahan minyak. Kalaupun berminyak, tak sampai menjadikan wajah sangat basah hingga menyebabkan riasan tersebut menjadikan wajah kusam.

Demikian juga buat pemilik acne prone skin seperti saya dan kebanyakan perempuan lainnya. Khususnya di Indonesia. Pasti akan semakin khawatir jika sampai foundation yang kita pakai, malah gampang hilang dan menjadikan wajah semakin menunjukkan pori-porinya. Makanya selama ini, saya rajin mencari berbagai informasi mengenai foundation yang cocok untuk mengatasi permasalahan wajah saya, sampai saya akhirnya bertemu L’oreal Infallible Pro-Matte.

Saya punya dua shade Foundation ini untuk saya mix. Sebenarnya saya beli pertama saat diskon, Shade 109 Classic Tan, karena saya kira awalnya, warna kulit saya se-tan itu. Ternyata setelah saya pakai, malah jadi gelap di wajah saya, yang mana cocoknya sebagai warna countur. Ternyata, saya salah beli shade, saudara-saudara ^_^ 

Nah, ketika diskon lagi, saya beli lagi yang Classic Ivory 101, yang pastinya terang untuk saya. Kalau saya mau pakai foundation ini, keduanya dicampur biar pas warnanya di wajah saya.

Setelah dipakai beberapa bulan, inilah yang bisa saya katakan untuk foundation ini.

Kemasan



Kemasannya ini cukup sederhana, berupa tube plastik gepeng yang isinya standar foundation pada umumnya yaitu sebanyak 30 ml, dengan tutup ulir. Tubenya pendek, malah ringan, seperti tak sampai isinya 30 ml. But i don’t care about how much does it containts. I just care about it cost actually. ^-^


Pada tampak depan, tentu saja tertulis nama produk dengan dua bahasa yaitu inggris dan prancis (Shade Classic Tan 109). Standar produk luar. Demikan pula pada bagian belakangnya. Selain nama, pada badan produk, terdapat penjelasan tentang produk, isi kandungannya, kode produksi, maupun tempat produksi dan merknya.

Teksur, Warna dan Aroma




Foundation ini bertekstur cair, tapi tak seringan air yang mudah mengalir, juga tak padat seperti foundation cream. Aromanya juga hampir tak ada dengan warna-warna standar foundation yang cocok untuk kulit perempuan asia, khususnya Indonesia. 

Cara Pakai dan Hasil


Sebelum memakai foundation, tentu saja, saya wajib mempersiapkan wajah saya dengan beberapa skin care dan primer. Setelah semuanya meresap, seperti memakai foundation pada umumnya, foundation saya  yang dua buah ini, saya keluarkan dan ditaruh di tempat datar atau mixing pallete, supaya hasil pencampuran keduanya benar-benar rata. 

Setelah diaduk, baru saya oleskan dan sedikit diratakan dengan jari ke seluruh wajah. Setelah itu, baru saya tap-tap dengan beauty blender yang lembab sampai rata. Kalau dirasa kurang, bisa ditambahkan lagi. Foundationnya ringan dan mudah diratakan. Kalau beauty vlogger bilang sih, ini yang namanya blendable dan buildable. Foundationnya tak langsung jadi kering gitu. Apa yang saya tuliskan itu, cocok dengan klaim produk ini yang mengatakan mengatakan bahwa memiliki tekstur air – light, dengan hasil yang demi-matte/semi matte, yang bisa dipakai sampai 24 jam. 

Tapi saya sendiri, belum pernah pakai selama itu. Paling lama saya pakai 5-6 jam karena saya tak terlalu lama berada di luar ruangan. Namun demikian, klaimnya yang mengatakan medium coverage, bisa saya benarkan. Tapi walaupun foundationnya medium coverage, oil freenya bisa menahan minyak di wajah saya.


Setelah 5-6 jam, foundation ini belum hilang dari wajah saya. Kalau disentuh pelan dengan bloating paper atau tisu kering, minyak dan bedak di atasnya yang sedikit terangkat. Tapi foundationnya masih ada. Kalaupun hilang, di hidung, tepatnya di tempat bertenggernya kaca mata saya.

Oia, karena tak ada tulisan bahwa produk ini mengandung SPF, maka SPF tetap saya gunakan terpisah. Atau, foundation shade classic tan itu, saya campurkan dengan foundation atau BB cream lain yang berwarna agak terang dan memiliki SPF. Tapi kadang, saya pakai SPF terpisah lebih dahulu juga, sih.

Sejauh ini, setelah lebih kurang 3 bulan pemakaian, foundationnya masih ada. Yang paling penting, tak membuat wajah saya merah, menimbulkan jerawat, maupun komedo, serta masalah lainnya. Yang saya rasakan tersebut, tepat seperti yang diklaim pada produknya, yaitu Dermatology tested/Suitable for Sensitive skin/Non Comedogenic.

Harganya berapa dan Dijual di mana?

L’OREAL Paris Foundation Infallible Pro-Matte ini bisa didapatkan dengan mudah di berbagai e-commerce dan toko online lainnya, dengan harga Rp 149.000.

Re-purchase

Ya nanti kalau keduanya sudah habis. Pastinya akan saya tunggu diskon lagi buat saya re-purchase, karena buat saya yang pas-pasan ini, harganya masih tergolong tinggi, walaupun ini foundation drugstore kan  ^_*

*



Jadi kesimpulan saya untuk L’OREAL Paris Foundation Infallible Pro-Matte ini, yaitu:

1.   Harganya masih bersahabat, apalagi kalau diskon.
2.   Produk tak mudah tumpah karena tutup ulirnya yang minta ditutup rapat.
3.   Warnanya banyak, cocok dengan kulit perempuan Indonesia pada umumnya.
4.   Teksturnya buildable dan blendable.
5.   Oil controlnya, sanggup menahan minyak di wajah.
6.   Tidak mengandung SPF. Jadi mesti pakai krim SPF terpisah.
7.   Tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

Jadi itulah kesimpulan saya untuk kedua foundation L’OREAL Paris Foundation Infallible Pro-Matte. Teman-teman sudah pakai juga? Yuk berbagi di kolom komentar.

Let's be friend on my social media :


You Might Also Like

65 komentar

  1. Ya ampunn.. Uda lama kepengen beli ini. Tiba-tiba terlupakan. Sekarang rasa kepo ku bangkit lagi sama foundie ini... Racuunn kak auda.

    BalasHapus
  2. untungnya ga suka pake foundi, jadi ga begitu keracunan bacanya hahahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah... Barangkali harus coba pakai foundi, Ci 😃

      Hapus
  3. Aku juga punya nih foundie, emang nendang banget ketahannya, jadi memang perfecto buat si kulit minyakan. Cumaaaa sayangnya tube nya ternyata tipis, aku mau make sering2 jadi sayang wkwkwk #kikir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaahaha buat tampil maksimal, jangan kikir 😁

      Hapus
  4. harganya lumayan ya sesuai lah ya sama kualitasnya

    BalasHapus
  5. Aku kulit berminyak malah pake yg pro glow hahaha karena lagi bosen sama matte. Untungnya ga bikin minyakku makin lebai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yahhhh. Haha pro glow kan utk yg kulit kering, Ci 😁

      Hapus
  6. Packagingnya sangat travelling friendly ya mba, trus matte juga buat aku yg super oily skin gini

    BalasHapus
  7. aku belum pernah coba si loreal ini. lagi males pake yang terlalu matte tapi kalo pake yg pro glow takut nyiai... aku bingung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini ringan, Beb.. mattenya gak ngeblok banget.. pas utk oily skin. Klo yg pro glow malah cocok untuk kulit kering

      Hapus
  8. oksidasi ga beb dia ni? aku tuh pengen banget coba tapi takut oksidasi di wajahku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oksidasi dikit. Beli yg setingkat lebih cerah aja beb

      Hapus
  9. abis pake ini jadi lgsg pengen coba, pas banget foundi aku lagi abis

    BalasHapus
  10. aku juga suka sama faoundi ini, hasilnya matte , tahan lama, flawless, mudah di blend,,, sempurnah deh,,, wkwk

    BalasHapus
  11. Must have foundie item that you must try and buy of course

    BalasHapus
  12. katanya ini sama maybelline fit me bagusan ini ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya gitu sih ci.. tp bagus juga kalau mau dimix

      Hapus
  13. Wah ini salah satu andalan ku dulu.. soalnya tahan lama dan ga gampang geser!

    BalasHapus
  14. Waahhh ini salah satu foundy fav aku banget nih... hasilnya bagus dimuka aku 😍

    BalasHapus
  15. Aku termasuk minyakan juga sih mukanya, selama ini make foundation merk lain, tapi kayaknya ini hasilnya bagus juga ya, kira-kira ada warna yang ocock sama tone muka aku gak ya hehe

    BalasHapus
  16. Aku punya juga kak foundie ini, walaupun salah shade sih sebenarnya wkwk tp terlalu kering di wajah aku🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya juga aku salah shade hehe cuma aku campir biar pas shadenya. Terlalu kering? Koo bisa 😅

      Hapus
  17. Ini hasilnya matte dan tahan lama juga aku suka deh.. andalan juga nih klo buat acara dluar 😍 -resty

    BalasHapus
  18. foundie ini terkenal banget coveragenya yang oke. next akan cobain juga :D

    BalasHapus
  19. Udh pernah punya, tp salah pilih shade.. huhuhu.. hasilnya beneran matte padahal.. 😁

    BalasHapus
  20. ini nih salah satu foundation yang bikin aku penasaran, tapi belum sempat kebeli. Semoga next time bisa beli ya. Hehehe...

    BalasHapus
  21. pertama kali nyobain ini pas beauty influencer jualan produk2nya murah meriah jadi sempet mikir kalo ga bagus ga rugi2 amat karena belinya setengah harga, tapiii ternyata omaigaddd super duper bagus dan jadi fav aku bgt, yg aku suka itu tahan lama.

    BalasHapus
  22. Wah aku gak pernah pake foundation kaya ngerasa ribet aja gitu cuma pake sunblock lgsg deh ditempa bedak ,emang sih jdnya jerawat msh keliatan😅btw klo pake foundie emg hrs pke beauty blender yah gk bisa pake tangan aja?aku gk bisa make up jd maap pertanyaannya agak nyebelin😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake tangan bisa juga sih. Hehehe.. malah lebih bagus katanya.

      Hapus
  23. Aku belum pernah nyobain ini😂 besok deh beli kalo lagi diskon 😅

    BalasHapus
  24. Betul emang sebagusbitu foundie ini, aku suka bgt, mudah bgt di blend, ringan dan halus dikulitku, parah suka bgt

    BalasHapus
  25. Aku gbs dong pke ini berarti :( aku keringg kulitnyaaa😰

    BalasHapus
  26. Wagelasiih.. ini favorit sejuta umat. Walaupun ga ada spf sama oksidadi. Tp performance nya top yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak.. pakai SPF terpisah aja. Tentang oksidasi, pakai yg satu tingkat lebih cerah aja 😀

      Hapus
  27. Ini foundie favourite aku juga. Aku pake shade 102. Karna kulit aku kering aku pakein primer yg moist biar ga crack kalo pake ini.

    BalasHapus
  28. Sejujurnya aku belum pernah coba untuk foundation ini, dan abis baca review ini jd pngn coba rasanya 😍

    BalasHapus
  29. Aku belom pernah nyobain produk ini, krn pas diskon selalu g kebagian shade. Wkwkwkwk. Aku selalu berusaha memburunya, krn udah keracunan temen2 aku banyak yg bilang bagus.

    BalasHapus
  30. Aku belom pernah pake si foundi L'oreal ini, tapi udah lama penasaran sih. Pengen coba belom kesampaian😂

    BalasHapus
  31. Hasilnya bagus ya, ini racun banget sih, banyak yg bilang ini bagus, jadi penasaran deh, lumayan tahan lama juga ya untuk oily skin.

    BalasHapus
  32. Kalau untuk kulit combi cocok gak ya 😁 aku kadang pakai yang matte suka ga bersahabat huhu jadi lebih suka yang dewy. Tapi penasaran pgn coba deh karena belum nyobain produk complexion dari Loreal

    BalasHapus
  33. Aku pengen banget sebenarnya si loreal ini, tp apa daya foundi aku masih banyak yg belum abis taku mubazir, tp kalo ad next diskon besar2an pasti ini jd list beli sih

    BalasHapus
  34. berarti lumayan tahan lama ya?aku butuh foundie tahan lama karena males touch up
    sayang spf nya ga tercantum, sekarang ini kayaknya kalau foundie gitu mesti wajib deh ada spf wkwkwk

    BalasHapus
  35. memang perlu ya browsing2 sebalum beli produk, tadinya aku mau cobain ini ga taunya aku kering harusnya pakai yang pro glow, untung belum beli :)

    BalasHapus
  36. udah sering baca reviewnya, tapi tiap lagi belanja lupa mulu buat beli :')

    BalasHapus
  37. jadi pengen coba kakk, kalau sama maybelline super stay bagus mana ya? Ini bisa dibuild jadi full coverage kah?

    BalasHapus
  38. Aku mah kalau brand loreal paling beli lipstick ja

    BalasHapus
  39. Awak yang kusam nih,cocok juga nyobain foundation nih yah,sis.

    BalasHapus