Review Intense Lightener by JA Glow. Skincare Aman Cerahkan Kulit: Pengganti Hydroquinon


Harus diakui, untuk pasar skincare dan kosmetik, Indonesia masih tertinggal dari Amerika Serikat, termasuk untuk penggunaan Mercury dan Hydroquinon yang kita ketahui sangat berbahaya jika terdapat di dalam produk kesehatan, baik skincare maupun kosmetik. Tentu sebaiknya, kedua kandungan tersebut, patut dihilangkan dan jika masih perlu, dapat diganti dengan bahan yang lebih aman dan tidak menyebabkan ketergantungan.




Hal itu pula yang dilakukan oleh dokter Jessica  Angelina, bersama adiknya, memberikan Tranexamic Acid ke dalam produk terbaru keluaran klinik kecantikannya, yang sudah saya bahas kira-kira dua minggu lalu.




Produk yang diberi nama Intense Lightener ini, mengambil formulasi terbaru dari New York, karena didasari cita-cita untuk membawa produk skincare lokal menjadi semakin maju, dengan kualitas yang bisa setaraf internasional.

Nah, sebagai seorang perempuan yang sudah peduli dengan hal-hal merawat kulit, ternyata serum Intense Lightener ini, memang tak boleh terlewatkan dari beragam produk skincare harian saya.

Berikut akan saya bagikan review produk dan pengalaman saya menggunakan serum ini selama hampir 3 minggu.

Kemasan

Dilihat dari kemasannya, produk serum seberat 15 gr ini, tak memiliki kotak (dus). Yang ada hanya plastik pembungkus rapi yang membungkus kemasan produk dengan rapi sebelum dibuka.

Ini menurut saya tak masalah, karena kita bisa dapat langsung membaca keterangan pada badan produk. Pun menurut JA Glow, ini dimaksudkan untuk membantu program zero-waste, di mana sampah kertas tidak digunakan sehingga dapat ikut membantu mengurangi global warming.

Nah, sebagai ganti si kotak, setiap pembelian produk ini, kita diberikan cute-reusable-plastic pouch yang travel friendly. Jadi pouch ini bisa kita gunakan lagi sehari-hari.



Beralih ke badan kemasan produk yang merupakan tabung plastik keras serupa kaca berwarna silver, cukup nyaman digenggam. Dengan mulut botol berupa pump, tentu mengeluarkan produk cukup mudah. Pumpnya juga tidak macet. Dilengkapi tutup plastik, semuanya baik-baik saja.

Pada badan kemasan terdapat nama produk, defenisi produk, ingredients, nomor POM dan juga tempat produksinya yaitu Indonesia. Jadi ini produk lokal, lho! 



Namun Untuk logo halal sendiri kata dokter JA, masih menunggu antrian di MUI. Tapi jangan khawatir. Semua ingredients-nya, dipastikan halal, seperti produk-produk JA Glow yang lebih dahulu sudah keluar. Kalau saya pribadi, yang penting sudah ada nomor BPOM saja, sudah tak ada masalah.

Lalu, bagaimana dengan tanggal kadaluarsa produk? Tentu saja ada di bagian bawah kemasan.

Tentang Produk

JA Glow – Intense Lightener
Instagram: @jaglowskin
15 gr
POM NA 18181905989
Produksi PT. United Farmatic Indonesia – Indonesia
Distribusi: PT. Jessica Angelina Graha Mandiri
Jl. Plumpang Semper Raya No. 18
Jakarta Utara, Indonesia
ED: Aug 2021

Tekstur dan Aroma



Produk Intense Lightener ini memiliki tekstur berupa gel. Namun demikian, tidak lengket ketika sudah menyentuh kulit, karena gelnya ini ringan seperti air. Selain itu, memberikan sensasi dingin ketika dipijatkan ke kulit. Untuk aromanya sendiri, tak ada aroma kimia maupun bau-bauan mengganggu/tajam lainnya. Saya pribadi suka dengan aromanya.

Ingredients dan Manfaatnya

Diantara banyak ingredientsnya, berikut 4 ingredient utama dari Intense Lightener ini, berikut manfaatnya.

A. Niacinamide 

Yang biasa kita kenal dengan Vitamin B3.
Selama ini, kita hanyaes mengingatnya
sebagai pencerah kulit. Namun ternyata,
Niacinamide ini, memiliki banyak  fungsi
 lainnya untuk kulit, yaitu:

-  Mengecilkan tampilan pori-pori, mencerahkan kulit.
- Memperkuat skin-barrier (mengurangi akibat buruk dari polusi dan radikal bebas).
-        Efek anti-inflamasi/anti peradangan, sehingga bisa mengurangi kemerahan dan radang akibat jerawat.
-      Mengurangi hiperpigmentasi/mencerahkan kulit danmelalui pengurangan produksi melanosit pada kulit.
Sumber:
British Journal of Dermatology Volume 147 Issue I,
www.healthine.com>nutrition,
www.webmd.com>vitamin

B.   Tranexamic Acid

Nah, di atas kan sudah saya singgung mengenai Tranexamic
Acid. Siapa sih dia? Jadi, Tranexamic Acid ini adalah kandungan
yang sedang banyak digunakan oleh Dermatologist di USA,
yang sudah melewati banyak uji klinis, yang dapat mencerahkan
kulit.

Penelitian dari US National Library of Medicine, membuktikan
bahwa penggunaan rutin selama 12 minggu dapat mengurangi
pigmentasi (mencerahkan), dengan efektif setara dengan
penggunaan Hydroquinon, tanpa efek samping.

Banyaknya eksperimen membuktikan bahwa Tranexamic Acid
dapat:
-     Mengatasi flek melasma.
-   Mengurangi hiperpigmentasi seperti bekas jerawat dan bekas luka pada kulit.
-     Mencerahkan warna kulit.
-     Mengurangi tampilan kulit kusam.
Sumber:
International Journal of Women’s Dermatology
Dermatology Surgary 2018
Indian Journal of Drugs in Dermatology, Volume 3, Issue 2
Bio Med Research International Volume 2018

C. Aloe Vera

Buat kita yang memang concern dengan perawatan kulit, step
penggunaan aloe vera, memang tak pernah terlewatkan,
bukan?

Extract aloe vera berfungsi untuk menyembuhkan kondisi kulit
seperti dehydrated-skin, sun-burns, psoriasis.
Aloe vera juga memiliki sifat anti-microbial, anti-fungal, dan cell
regenerative properties, sehingga dapat membantu:

-       Mengurangi iritasi / kemerahan pada kulit.
-         Melembabkan kulit dan mengunci kelembaban pada kulit, karena sebagian besar aloe vera mengandung air. Dapat melembabkan tanpa sensasi lengket/greasy pada kulit.
-         Melembutkan dan menghaluskan kulit.
-         Melawan jerawat.

Sumber:
Iranian Journal of Medical Science
Public Library of Science
thehealthy.com

D. Onion Extract
Kita pasti pernah membaca tentang praktek menggunakan bawang pada wajah, bukan? Namun saya sendiri, tak pernah berani mencobanya, meskipun disebutkan, kandungannya bagus.

Kandungan vitamin C, Navonoid, dan Quercetin yang tinggi, berfungsi untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Selain itu, Alium cepa bulb ext juga memiliki sifat anti-aging, antiseptic, purrifying, dan anti-iritasi.

Jadi fungsi dari Onion Extract yang terdapat dalam Intense Lightener ini yaitu:

-         Mengurangi iritasi, inflamasi dan kemerahan pada kulit.
-         Membersihkan bakteri, kotoran dan minyak dari kulit sehingga mencegah terbentuknya jerawat.
-         Menyamarkan noda kehitaman / frackles / age-spot pada kulit.
-         Mencegah pembentukan acne scar dan membantu penyembuhan dari acne scar.
Sumber:
The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology 5.6
Journal of Cosmetic Dermatology. Volume 7(2). Juni, 2008


Cara Pakai

Cara pakainya ini cukup mudah. Setelah wajah dibersihkan dan menggunakan toner, lalu pakai produk Intense Lightener by JA Glow ini di seluruh wajah dan leher. Oia, bisa juga, setelah wajah dibersihkan, pakai toner, pakai essence, lalu pakai Intense Lightener ini. Kemudian, lanjutkan saja skincare lanjutannya.

Pakainya sebanyak 2 x sehari pagi dan malam, cukup 1 pump. Tapi kalau kurang, bisa disesuaikan sesuai selera, kok. Saya sendiri pakainya kadang 2-3 pump setiap malam, karena saya ingin mencerahkan bagian mata panda, juga menyamarkan kerutan di bawah mata karena ada kandungan anti-aging juga, kan? Oia, sekaligus berusaha menyamarkan noda hitam bekas jerawat.

Hasil yang Saya Dapatkan

Memang di atas sudah saya tuliskan, penelitian dari US National Library of Medicine, membuktikan bahwa penggunaan rutin selama 12 minggu dapat mengurangi pigmentasi (mencerahkan), dengan efektif setara dengan penggunaan Hydroquinon, tanpa efek samping. Namun demikian, di hampir 3 minggu pemakaian rutin ini, saya bisa melihat warna kulit sedikit cerah.

Efek dari penggunaan Intense Lightener ini intinya, baik-baik saja. Tak menyebabkan iritasi dan kemerahan, maupun menambah jerawat baru.

Oia, biasanya efek dari Hydroquinon kan bahaya dan menyebabkan ketergantungan. Tapi saat tak digunakan, kulit saya tak merasakan apa-apa. Kalau masalah ketergantungan, kata dokter JA, tidak akan ketergantungan karena bahannya sudah cukup aman. Bisa dibaca juga dari beberapa rujukan yang sudah saya tuliskan di atas.

Selain itu, pertanyaan lainnya yang ada, pasti berupa, apakah bisa dipakai dengan krim lain? Biasanya produk dokter, tak bisa dicampur dengan krim lain atau krim yang dijual bebas. Dikatakan dokter JA, Intense Lightener ini, bisa digunakan dengan skincare lainnya yang ber-BPOM. Untuk membuktikannya, saya pakai dong. Ternyata memang tak ada masalah. Malah kulit semakin terasa lembab.

Belinya di mana? Harga?




Sementara ini, produk ajaib ini, dapat ditemukan dengan mudah di klinik JA Medical Centre yang ada di Medan, Jambi, dan Jakarta dengan harga Rp 150.000,-. Kalau ingin lebih mudah, bisa langsung menghubungi instagramnya.

Repurchase?

Melihat hasil yang cukup baik dan bekerja di wajah saya, nanti kalau habis, Intense Lightener by JA Glow ini akan saya repurchase.

Jadi ini dulu yang bisa saya tuliskan tentang Intense Lightener by JA Glow. Intinya sih saya tertarik dengan klaim-klaimnya di atas dan sudah saya buktikan sendiri.

Salam,
Auda Zaschkya

You Might Also Like

46 komentar

  1. Intense Lightener by JA Glow sesuai dengan harga 150.000,- hasilnya saat memuaskan, pengen coba nih ... Yuk kepoin di JA Medical Center

    BalasHapus
  2. Wajah glowing tanpa takut ada kandungan merkuri ya kak. Aman nih, jadi pengen coba. Kemasannya ok juga nih

    BalasHapus
  3. beneran bisa bikin glowing ya kak. apalagi setelah dioleskan gampang menyerap bearti responnya bagus buat tubuh. Bebas dari kandungan bahan berbahaya dan sudah ada BPOM pasti membuat semua pelanggan merasa aman dan tenag. Tinggal menanti hasil maksimal ya kak

    BalasHapus
  4. Sepertinya aku bisa merekomendasikan kekawan aku kak kebetulan dia cari skincarenya yang mencerahkan dan bikin muka tydac kusam

    BalasHapus
  5. Dari bahan kandungannya memang aman ya, dan dengan harga segitu masij termasuk terjangkau banget, apalagi hasilnya juga memuaskan.

    BalasHapus
  6. Kalo produk yang aman tu setauku emang agak lama efeknya, tapi sekalinya kita rutin hasilnya emang bagus.

    BalasHapus
  7. packagingnya keren banget keliatan mewah gitu ya hhi aku baru tau produknya & ternyata ddari klinik kecantikan gtu ya hhi kepoin ahh

    BalasHapus
  8. Hmm skincare lagi deh. Saya sangat maniak thdp skincare. Makasih atas informasinya mbak

    BalasHapus
  9. Serem deh kalau zat seperti Mercury dan Hydroquinon ini ada di kosmetik yang kita pakai. Emang butuh kehti-hatian memilih produk perawatan kulit wajah ya mbak. Harus yang recomended, Seperti Intense Lightener by JA Glow

    BalasHapus
  10. Keren ya produknya pake formula dr new york, jd pgn coba

    BalasHapus
  11. Dengan harga segitu worthed banget ya kak, aku pun mau juga mencobanya, biar wajahku terlihat glowing dan bersih

    BalasHapus
  12. harganya lumayan untuk serum produk lokal, patut dicoba nih kayanya :) tapi biasanya aku purging kalau ada niacinamide

    BalasHapus
  13. Pas banget nih, aku lagi butuh produk buat ngecilin pori-pori. Kayanya harus coba ini deh

    BalasHapus
  14. Produk yang recommended ya kak, harganya emang sebanding sama hasilnya, gak pake lama asal rutin juga udah terlihat hasilnya

    BalasHapus
  15. Wah produk bagus nih karena sudah dipastikan tidak mengandung 2 zat kimia berbahaya itu tadi. Boleh nih aku rekomendasiin ke kakakku yang mulai mau pakai skin care.

    BalasHapus
  16. setahu saya tranxamic acid atau asam traneksamat untuk hentikan perdarahan. ternyata di dunia kosmetik bs untuk cerahkan kulit toh

    BalasHapus
  17. Oh satu lagi racun dunia nih, gmn gak mupeng coba kalo serumnya bisa bikin wajah kinclong paripurna 😍

    BalasHapus
  18. Memang skincare tidak ada yg instan jadi kalo 3 minggu sudah pasti tidak maksimal kan ya, sesuai dgn yg dibilang 12 minggu baru terlihat. Ditunggu update kelanjutannya setelah pemakaian 12 minggu.

    BalasHapus
  19. waaah penasaran sama hasilnya
    kalau untuk skincare, ada harga ada hasil pastinya ☺️

    BalasHapus
  20. Standarlah ya harganya, yang penting muka glowing dan seger ala-ala artis korea hehe

    BalasHapus
  21. Harganya lumayan, yaaak...
    Xixixixi.
    kalau beli complete paket berapaan tuh?
    karena aku lebih yakin make treatment itu harus paket complete.

    BalasHapus
  22. tentunya ini lah yang dicari cari temen temen kaum hawa. Kalau cowo kaya saya boleh pake gitu ?

    BalasHapus
  23. Produk serumnya 15 gram isinya dikit banget ya hihihi. Aku penasaran sama onion extract nya buat menyamarkan flek hitam di kedua pipiku nih. Ceki2 ah, siapa tau cocok kan bisa dipakai terus. TFS ya mbak.

    BalasHapus
  24. Mau coba bnget aku mba ini yg Aku Cari nih yg Mengecilkan tampilan pori-pori, mencerahkan kulit. Mudah2an cocok ..

    BalasHapus
  25. Sun burn dan kulit kering ini masalahku bangeettt.
    Kayaknya bakal beres dgn pemakaian rutin yak

    BalasHapus
  26. Hmm,, mungkin inilah yg dicari² selama ini yaa,, Kak Auda.. Intense Lightener. Skincare yg aman dan insyaallah halal lg ya... Sdg antri di MUI berarti kan dikit lg keluar sertifikat halalnya..alhamdulillah

    BalasHapus
  27. Wah ini serum yang recomended ya, harganya juga nggak mahal. Bisa membuat wajah makin sehat, segar dan kinclong dengan pemakaian rutin

    BalasHapus
  28. Thats why aku takut kalau beli skinker sembarangan. Takut ada mercurinya 😱

    Tapi kalau rekomendasi dokter aku baru berani coba.

    BalasHapus
  29. Wah, ini kalo buat yang berjerawat aman gak ya? Soalnya kulit saya sensitif berjerawat. :((

    BalasHapus
  30. Hua... racun nih... jadi pingin coba. Tapi ini aman enggak ya buat bumil?

    BalasHapus
  31. Aku suka packagingnya..
    Kelihatan mewah dan eksklusif gitu

    BalasHapus
  32. Satu kemasan gitu bisa untuk berapa minggu atau bulan ya? Kalau makainya setutul gitu, mungkin bisa agak lama. Ya itung-itung nabung deh, sesuai harga.

    BalasHapus
  33. waw, ini dokter jessica merancang sendiri produknya?
    termasuk penambahan zat penting yg spesial itu?
    keren baaanget

    BalasHapus
  34. Mantep banget produknya
    Harganyapun terjangkau
    Dan yang terpenting, kinclong tanpa mercury dan hydroquinon

    BalasHapus
  35. Produk lokal kualitas international keren bangett, seMoga makin maju lagi skincare dan makeup lokal

    BalasHapus
  36. Ini Produk lokal punya kak? Wah harus dicoba packagingnya sangatlah elegan dan ada pumpnya ya?

    BalasHapus
  37. Penting banget memang ya memilih produk perawatan kulit yang komposisinya aman. Dalam jangka pendek mungkin akan memberikan efek kulit cerah dan mulus, tapi jangka panjang menimbulkan bahaya seperti kanker kulit gitu kan jadi mengerikan.

    Keren nih ya, dokternya, punya target supaya produk lokal bisa setara dengan produk internasional.

    BalasHapus
  38. Sangat penting memilih perawatan kulit jangan asal kinclong super cepat, dilihat juga efek jangka panjangnya, jadi serem nih ... Pandai memilih ya gaes ..

    BalasHapus
  39. Intense Lightener by JA Glow kalo bikin muka tidak kusam bisa aku rekomendasikan buat adikku

    BalasHapus
  40. Dengan harga yang terjangkau oke juga nih kalau hasilnya worth it.
    Bisa jadi referensi.

    BalasHapus
  41. Mbak maaf, saya koq bingung ya. Asam Tranesamat itu setahu saya untuk pemberhentian pendarahan. Bagaimana cara kerjanya bisa mencerahkan warna kulit, ya.
    Mohon maaf jika saya kudet,ya mb. ��

    BalasHapus
  42. botol dan tutupnya terlihat mewah ya, dan kayaknya aman tidak bakal terlepas si tutupnya meski ditaro di umpel-umpel di dalam tas.

    BalasHapus
  43. Bagus banget ya packagingnya, kira kira cocok gak yah buat wajah aku 😳😳

    BalasHapus
  44. Meski tanpa dus tapi tampilan kemasannya cantik, eyecatching gitu deh dan terlihat lux ya.
    Etapiii lebih penting lagi kandunhan dan manfaatnya ya tuk kulit. :)

    BalasHapus
  45. Menarik nih kak.. secara sekarang emang kudu ati2 ya pilih2 skincare.. takut kalao ada kandungan bahan berbahaya... Perlu dicoba nih produk ini..

    BalasHapus
  46. Harganya cukup murah ya untuk ukuran serum. Padahal kemasannya terlihat mewah

    BalasHapus