Pisang Goreng Kental Manis Untuk Weekend

indozone.id

Saat weekend, paling pas memang membuat camilan manis yang disukai banyak orang. Contohnya pisang goreng. Tapi, kalau pisang gorengnya polos jadi bosan, kan? Kita bisa berkreasi dengan menggunakan berbagai topping yang membuat makanan jadi semakin lezat, yang paling mudah adalah dengan menggunakan kental manis sebagai salah satu bahannya.

Rasa pisang goreng yang manis dan gurih akan semakin lezat dengan tambahan kental manis. Yuk, cobain! Ini dia resep pisang goreng yang bisa kamu nikmati sambil menghabiskan weekend-mu!

Bahan-bahan:

     2 buah pisang apa saja

     3 sdm tepung terigu

     Air es secukupnya

     kental manis rasa coklat

     Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Potong pisang sesuai selera
  2. Larutkan tepung terigu dengan air hingga mengental dan masukkan pisang ke dalam adonan tersebut
  3. Panaskan minyak dan goreng pisang menggunakan api sedang. Bolak-balik pisang dan pisang siap dihidangkan
  4. Jangan lupa beri tambahan kental manis agar rasanya semakin nikmat.

 

Ngobrolin tentang menu pisang goreng, nggak afdol deh rasanya kalau nggak ada pendampingnya. Kita bisa lho membuat es krim sendiri di rumah sebagai menu pendamping pisang goreng. Jadi menu hangat disajikan dengan menu yang dingin pasti akan lebih nikmat dan segar!


Menu Pendamping Pisang Goreng

Es krim Dulce de Leche

idntimes.com

Menurut laman The Culture Trip, Dulce de Leche adalah suguhan manis yang paling populer di Uruguay dan Argentina.

Untuk mempersingkat proses pembuatan es krim Dulce de Leche, kita bisa memanfaatkan satu kaleng kental manis. Caranya gampang banget, kamu cuma tinggal merebus kental manis di dalam panci berisi air di atas api rendah-sedang, aduk terus hingga teksturnya menjadi lebih gelap dan tebal. Setelah kental, kamu bisa menuangkan Dulce de Leche di atas es krim pilihanmu. Es krim Dulce de Leche siap disajikan bersama pisang goreng.


Es lilin

idntimes.com

Bahan-bahan

     Buah-buahan sesuai pilihanmu

     1 sdm gula kastor

     200 ml kental manis

     150 ml susu cair


Cara membuat

  1. Panaskan oven dengan suhu 200 derajat celcius
  2. Potong buah dan aduk dengan gula dan masukkan ke dalam nampan oven yang sudah dilapisi baking paper
  3. Panggang selama 15-20 menit sampai buah lunak dan berair
  4. Masukkan buah yang sudah dipanggang ke dalam blender bersama dengan kental manis
  5. Tambahkan susu cair dan campur hingga halus dan merata.
  6. Masukkan adonan ke cetakan es lilin dan bekukan selama satu malam.

 

Maíz Con Hielo


idntimes.com

Maiz con hielo merupakan salah satu hidangan penutup yang cukup terkenal di Filipina. Minuman enak ini terbuat dari es serut yang dilapisi biji jagung dan kental manis. Resep ini memang terinspirasi oleh salah satu menu di restoran milik chef terkenal di Filipina, Jonathan Dario Salvador.

 

Bahan-bahan:

     4 tongkol jagung yang bijinya sudah dipisah hingga mencapai 2,5 gelas, lalu simpan juga cairan dalam proses ini

     90 ml krim kental

     30 ml kental manis

     30 ml susu evaporasi

     8 sdm gula pasir

     1 ¾ sdt garam kasar

     30 ml plus 2 sdm gula palem

     Cornflakes

 

Cara membuat:

  1. Sisihkan 1 cangkir biji jagung untuk sirup, sisa biji jagung dan cairan jagung kemudian diblender hingga halus kemudian saring dan masukkan ke dalam mangkuk
  2. Tambahkan krim, kental manis, susu evaporasi, 2 sdm gula pasir, ¾ sdt garam, dan 2 gelas air ke mangkuk berisi cairan jagung
  3. Tuang campuran adonan tersebut ke dalam loyang dan bekukan selama 30 menit
  4. Kikis adonan yang dibekukan setiap 30 menit dengan menggunakan garpu hingga berubah menjadi kristal es tebal, dingin, dan bersisik sekitar 2 jam. Kemudian tutup rapat dan bekukan. Kristal es ini disebut granita
  5. Rebus gula palem, gula pasir, garam dan air hingga mendidih dalam panci sedang-tinggi. Aduk hingga sirup mulai menebal tapi berair
  6. Tambah 1 cangkir jagung, kurangi api hingga sedang-rendah dan aduk hingga saus mengental sekitar 3 menit
  7. Dinginkan dalam wadah kedap udara hingga siap untuk disajikan
  8. Siapkan sirup dan jagung di gelas, lapisi dengan granita dan taburi cornflakes
  9. Maiz con hielo siap disantap

Es krim wafer coklat

Membuat es krim wafer coklat nggak serumit yang dibayangkan, kok. Kamu cukup menyiapkan wafer, kental manis, air, tepung maizena, dan susu cair. Perpaduan crunchy yang berasal dari wafer akan semakin nikmat dengan lembutnya es krim.


Bahan-bahan:

     10 bungkus wafer coklat yang sudah dihancurkan

     500 ml susu cair

     120 gr kental manis

     1 sdm tepung maizena

     3 sdm air untuk melarutkan maizena

 

Cara membuat:

  1. Siapkan wadah dan campurkan semua bahan
  2. Sisihkan hingga agak dingin dan tambahkan potongan wafer coklat.
  3. Masukkan ke dalam cetakan es krim lollipop dan simpan di dalam freezer hingga membeku.

 

Es krim sandwich

Es krim sandwich ini berasal dari Singapura. Untuk membuatnya, kamu bisa dengan mudah menemukan bahan-bahannya di pasar atau minimarket terdekat.

 

Bahan-bahan:

     500 ml susu cair

     3 kuning telur

     120 ml kental manis

     300 gr whipped cream

     Garam secukupnya

     Roti tawar

 

Cara membuat:

  1. Campurkan susu cair, kuning telur, kental manis, garam, masak dan aduk hingga mendidih.
  2. Dinginkan dan campur dengan whipped cream hingga merata dan masukkan ke dalam kulkas
  3. Meletakkan es krim di atas roti tawar dan tangkup dengan roti tawar lagi sehingga menyerupai sandwich
  4. Es krim sandwich siap dihidangkan

 

Es krim biskuit coklat

Es krim biskuit coklat ini cocok disajikan dengan pisang goreng untuk camilan saat siang hari atau sore hari. Rasa dingin dan creamy dari es krim biskuit coklat ini membuat hari jadi makin menyenangkan.


Bahan-bahan:

     1 bungkus biskuit yang sudah dihancurkan lembut

     1 bungkus biskuit yang sudah dihancurkan kasar

     100 gr kental manis

     200 gr whipped cream

     100 ml susu cair dingin

 

Cara membuat:

  1. Campurkan biskuit coklat yang sudah dihancurkan lembut dengan susu cair dingin, kental manis, dan whipped cream dengan menggunakan mixer atau blender hingga teksturnya mengental dan kaku.
  2. Masukkan biskuit yang ukurannya kasar dan tuang adonan ke dalam cetakan.
  3. Dinginkan di dalam freezer hingga mengeras.

 

Kulfi

https://cdn.idntimes.com/

Kulfi merupakan salah satu dessert yang cukup terkenal di India. Proses pembuatan kulfi ini dengan menguapkan susu hingga kandungan airnya habis dan teksturnya mirip seperti karamel. Penasaran gimana rasanya? Yuk, intip resepnya.

 

Bahan-bahan:

     1 liter susu cair

     1 kaleng kental manis

     1-2 sdm air mawar

     1 sdt minyak sayur

     300 gr buah pilihan

 

Cara membuat:

  1. Tuang susu cair dalam panci besar dan didihkan di atas api sedang. Aduk-aduk terus sampai susu berkurang hingga 3/4/ Berhenti mengaduk saat susu mulai menebal dan padat seperti krim.
  2. Saring susu dengan saringan halus ke dalam mangkuk yang berisi kental manis dan dinginkan.
  3. Blender buah-buah pilihan dan saring, kemudian tambahkan air mawar secukupnya lalu aduk merata.
  4. Oleskan minyak pada cetakan es krim dan tuang adonan campuran tadi ke dalam cetakan. Lalu bekukkan selama 4-6 jam hingga padat.

 

Nah, itu dia resep pisang goreng dan beberapa menu pendamping pisang goreng yang bisa kamu buat di rumah. Selamat mencoba berbagai kreasi kental manis di rumah, ya!

 

You Might Also Like

20 komentar

  1. Pas banget nih kak, suamiku lg pengen dibikinin pisang goreng.. Nyontek resepnya yahhh 😚

    BalasHapus
  2. Asik asiikk, aku lagi rajin uprek uprek resep di dapur Mbaa
    Dan aku superrr hepiii kalo dapat amunisi resep kayak gini :D
    Besok weekend nih, kayaknya daku mau cobaaaa

    BalasHapus
  3. Wow banyak banget ini resep es krim nya. Saya izin saved ya.
    Pengen coba buat kulfi tuh, kayanya lihat di gambar enak dan lumer. Hehehe...

    BalasHapus
  4. walah menggoda semua plus dapet tutorial juga.
    Bisa nih di eksekusi saat Weekend, apalagi pisang goreng pakai kental manis. So Yummy! :)

    BalasHapus
  5. Ehh penasaran sama yg Kulfi nihh. Kayak gimana rasanya yaahh. Terimakasih kak resepnyaaa. Save dlu cobain kemudian

    BalasHapus
  6. Pisang goreng adalah kesukaanku mba hehe, rasanya enak dan murah meriah ya
    Btw rekan kerjaku kan orang Filipina, nah dia juga suka bikin es serut jagung, enak rasanya

    BalasHapus
  7. ini cemilannya semua enak dan menggoda selera banget sih, aku langsung auto pengen cobain hehe enak

    BalasHapus
  8. Kesukaanku tuuuh...pisang goreng. Tapi kalau masak sendiri nggak pernah berhasil bikin kipas yang bagus kayak gitu. Nggak telaten ngirisnya :D

    BalasHapus
  9. Cemilannya enak enak banget, aku penasaran sama Maiz con hielo ntar cobain buat deh.

    BalasHapus
  10. Jadi pengen bikin dulche de leche lagi. Saya suka dengan rasanya dan enak diolah jadi berbagai cemilan

    BalasHapus
  11. Sebagai pecinta pisang goreng garis keras aku mauuu banget ini nyobain

    BalasHapus
  12. Unch ini enak banget sih, kalo di manado ini pisgor dimakannya pake sambal roa sedap deh

    BalasHapus
  13. aku dah goreng pisang tadi pagi, bentar lagi juga goreng kalo anak anak minta...
    ntar nyoba di tambah kental manis ah..

    BalasHapus
  14. Duh keliatan yummy banget sih itu. Apalagi es krimnya. Menggoda banget

    BalasHapus
  15. Penasaran deh sama rasa kulfi. Cobain resepnya ah. Terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
  16. Ya ampun ngiler banget, aku pengen bikin es lilinnya nih mantep buat dimakan siang-siang atau buat buka puasa aja ya ini menunya mantul. Pokoknya mau nyobain semua resepnya terutama es lilin

    BalasHapus
  17. Kebeneran lagi nyari resep buat bikin es, secara cuaca sudah mulai panas. Ijin nyontek resep es lilin untuk bernostalgia dengan masa kecil.
    Etapi, belum nyobain jg buat pisang goreng dengan kental manis. Sekalian dipraktekkan ahhh.

    BalasHapus
  18. Wow, hidangan penutupnya bikin ngiler semua. Bikin ah mungpung dikasih resepnya. Pas siang panas-panas pasti segernya bikin adem.

    BalasHapus
  19. Dessert yummy untuk wiken nantiiii 🤩 pas banget dengan cuaca Makassar yang lagi hot marihot bikin gerah meskipun abis mandi

    BalasHapus
  20. Pisang goreng udah biasa
    menu pendampingnya dong, istimewa semuaaaa
    Apalagi Maiz con hielo bikin penasaran banget. Aku mau coba bikin ah

    BalasHapus