[Review] Wardah Aloe Hydramild Hand Gel dengan Alkohol 80%

Sejak Indonesia mengumumkan adanya pasien virus Covid 19, Maret 2020 lalu, diikuti imbauan untuk rajin mencuci tangan, jangankan sabun mandi, sabun khusus cuci tangan dan hand sanitizer, laris manis di pasaran. Semuanya habis, kan? Kalau pun ada, harganya, minimal naik 2 kali lipat dari harga normal. Ada yang beli juga memang meski mahal. Tapi, rasanya, tidak beretika mengambil keuntungan ditengah musibah.

Sejak kelangkaan itu pula, satu per satu, produsen produk kecantikan, ternyata tertarik mengeluarkan hand sanitizer, dengan ukuran beragam serta harga yang masuk akal, salah satunya Wardah, sang pelopor produk berlabel halal di Indonesia, bernama Wardah Aloe Hydramild Hand Gel.


Wardah Aloe Hydramild Hand Gel
Wardah Hydramild Hand Gel

Setelah hampir sebulan saya gunakan, berikut ini yang dapat saya katakan.

Kemasan

Wardah Aloe Hydramild Hand Gel ini, memiliki 3 ukuran, yaitu tube 50 ml, botol 100 ml, dan botol 240 ml. Sepintas ukuran serta bentuk botolnya (100 ml dan 240 ml), persis botol Micellar Water Wardah juga. Demikian pula, tutup fliptopnya.

Pada badan kemasan yang berbentuk silinder dan bening ini, di satu sisi, terdapat nama produk, kandungan dan sedikit kegunaan produk, tanda + yang biasanya untuk produk kesehatan, serta logo halal MUI dan beratnya.

Di sisi satunya, terdapat penjelasan produk lebih lanjut, yaitu kegunaan, cara pakai, ingredients-nya, dan untuk perhatian konsumen yang cukup panjang. Tak lupa, tanggal kadaluarsa dan produsen, semuanya lengkap. Tinggal dibaca saja, rinci sekali.

Ingredients

Meski di atas saya sebutkan kemasannya, persis sama seperti Micellar Waternya yang keluar tahun 2017 lalu, tapi berbeda di ingredients-nya. Kalau micellar waternya mengandung lebih banyak Seeweed, di hand gel ini, seperti nama dan gambarnya, mengandung Aloe vera.

Jadi ingredients-nya yaitu: Ethanol, Aqua, Glycerin,  Carbomer, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Aminomehyl Propanol, Fragrance, Sodium Benzoate, Citric Acid.

Tekstur dan Aroma

Seperti namanya, Wardah Hand Gel ini, tentu saja bertekstur gel. Tapi gelnya ini bukan yang padat, tapi lebih ke cair yang  mudah sekali untuk dibasuh tangan.

Dengan aroma segar perpaduan alkohol dan aloe vera, produk ini, menurut saya tak mengganggu indera penciuman saya. So, saya pribadi, tak ada masalah dengan kandungan alkoholnya yang 80%, karena sudah diformulasikan untuk khusus pencuci tangan.

Manfaat

Selain memang bermanfaat untuk membersihkan tangan, karena mengandung 80%* alkohol yang halal bekerja sebagai antiseptik, yang memberikan perlindungan intensif dari kuman, tanpa bilas, produk Wardah Hand Gel ini, mengandung Aloe Vera ekstra moisturizer, yang bantu melembabkan dan melembutkan tangan.

Cara Pemakaian



Ya kalau untuk cara pemakaian, tak perlu saya jelaskan lagi ya. Semua juga tahu, yang namanya hand gel, hand sanitizer, untuk pemakaian luar dan hanya digunakan di tangan (kalau perlu jari kaki).

Jadi ya, walaupun produk ini mengandung aloe vera dan memang berbentuk gel, tapi benar-benar pakai di tangan atau kaki saja, jangan pernah pakai hand gel ini di wajah, karena ya tetap saja, mengandung 80% alkohol yang sangat tak disarankan digunakan di wajah.

Perhatian:

Jika terkena mata, langsung bilas sama air ya. Terus, mana tahu kan, ternyata tak cocok sama kulit dan membuat iritasi, segera ke dokter. Oia, produk ini kan memang gak disarankan untuk dipakai di area wajah, tapi kala tak sengaja tertelan, segera ke dokter ya. Kenapa? Atas nama hand sanitizer, tentu mengandung alkohol, kan tak boleh makan alkohol. Pun, alkohol kan yang pasti mudah terbakar, jadi jauhkan dari api dan sinar matahari langsung dan anak-anak, apalagi yang masih dibawah 5 tahun.

Pengalaman saya:

Jadi selama hampir sebulan menggunakan produk ini, tak ada masalah. Semuanya baik-baik saja. Sejak pertama kali beli yang 100 ml, saya beli lagi yang 240 ml, karena yang 100 ml itu, entah ke mana terselip, yang pasti masih di rumah karena memang saya tak ada ke luar rumah sejak Maret lalu.

Produk ini saya gunakan untuk membersihkan tangan saya, ketika di kamar. Selain itu saya gunakan juga untuk membersihkan paket-paket berukuran kecil yang saya terima (kalau yang besar, saya pakai sabun dan air mengalir).

Harga dan Tempat Jual

Yang 100 ml, Rp 19.900. Kalau yang 240 ml, Rp 29.000. Keduanya saya dapatkan di e-commerce, pas diskon. Jadi ketika saya beli, yang 100 ml itu 13.000, yang 240 ml dihargai Rp 26.000. di mini market, sepertinya ada juga. Cuma, saya belum ada ke mana-mana, jadi belum lihat.

Kesimpulan:

1.    Produk halal dengan produsen jelas, bukan abal-abal.

2.    Mudah didapatkan di e-commerce, kadang diskon juga.

3.    Harganya sangat masuk akal.

4.    Ingat, ini ada alkohol, jauhkan dari area wajah dan jangan sampai tertelan.

5.    Melembutkan tangan, tanpa memberikan rasa lengket.

Hand sanitizer memang praktis digunakan untuk kita yang bekerja di luar rumah atau ada keperluan ke luar rumah. Tapi kalau di rumah, tetap lebih baik, gunakan sabun dan air mengalir. 

Jadi, sudah pernah pakai produk ini?

Salam,

Auda Zaschkya.


You Might Also Like

10 komentar

  1. Hand sanitizer memang kebutuhan bangeudh saat ini ya, dn ini Ringan di kantong harganya, mau beli ah,

    BalasHapus
  2. Covid-19 ini bikin banyak produsen hand sanitizer, dan saya baru tau Wardah mengeluarkan produk juga.

    BalasHapus
  3. wah aq baru tau nih ada wardah handsanitizer, jadi penasaran pengen coba

    BalasHapus
  4. Oh Wardah jg mengeluarkan hand gel ya, aku baru tahu nih, aku cuma pakai skincarenya aja, heheh

    Kapan2 beli ah, stok di rumah udah mau abis jg

    BalasHapus
  5. Aku pecinta Wardah mbak, baru tau ada hand gel Wardah. Jadi pengen beli, kemasannya aja bagus.

    BalasHapus
  6. Daku tahu produk ini, mau beli stoknya kosong. Nanti mau ceki-ceki lagi ah biar sekalian juga belanja produk wardah yang lainnya

    BalasHapus
  7. Aku lebih sering cuci tangan langsung apalagi kalau di rumah aja, kalau terpaksa keluar aku masih pakai hand sanitizer biasa, tapi emang bikin kulit kering hiks

    BalasHapus
  8. Aku malah blm pernah nyoba yang Wardah kak . Nice review nih . Aku pgn beli juga Krn kmrn2 kulit sempet kering keseringan pake handsani

    BalasHapus
  9. Wah wardah udah ada hand sanitizer ya kak? Otw beli penting banget nih di era pandemi

    BalasHapus
  10. Aku jg pake ini kak 😁 simple dan enak dibawa pergi krn aku punya yg ukuran 100ml

    BalasHapus